Tribun

Virus Corona

Soal Harga PCR Rp 300 ribu, Ridwan Kamil Usul agar Lebih Murah Lagi: Harga Harus Semurah-murahnya

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menanggapi soal harga tes PCR yang kini telah diturunkan oleh pemerintah menjadi Rp 300 ribu.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Daryono
Soal Harga PCR Rp 300 ribu, Ridwan Kamil Usul agar Lebih Murah Lagi: Harga Harus Semurah-murahnya
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi Tes PCR | Untuk mendukung penanganan pandemi Covid19, ARTOTEL Gajahmada Semarang berkerja sama dengan RS. Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang dan Medico menyediakan layanan PCR Swab Drive Thru yang dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB di parkir VIP ARTOTEL, Kamis (29/7/21). Untuk tes anti gen cukup membayar 195 ribu dan PCR 725 ribu. Pelayanan tes PCR Swab Drive Thru ini berlangsung hingga 26 Oktober 2021. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menanggapi soal harga tes PCR yang kini telah diturunkan oleh pemerintah menjadi Rp 300 ribu.

Ridwan Kamil berharap agar tes PCR bisa lebih murah lagi, agar testing tetap terus bisa dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Mengingat kondisi Covid-19 di Indonesia ini belum usai dan masih ada ancaman terjadinya gelombang selanjutnya.

"Intinya harga harus semurah-murahnya, tapi pengamanan harus seaman-amannya. Kalau tanpa testing, baik antigen maupun PCR ibaratkan kita terlalu gegabah juga."

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan secara simbolis obat-obatan dan suplemen vitamin kepada kurir, dan dilanjutkan dengan meninjau ketersediaan obat untuk masyarakat Jabar di Kantor Dinkes Provinsi Jabar, Kota Bandung, Kamis (8/7/2021).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan secara simbolis obat-obatan dan suplemen vitamin kepada kurir, dan dilanjutkan dengan meninjau ketersediaan obat untuk masyarakat Jabar di Kantor Dinkes Provinsi Jabar, Kota Bandung, Kamis (8/7/2021). (Foto: Deni/Biro Adpim Jabar)

Baca juga: Wajib PCR Penumpang Pesawat Digugat, Mahfud MD: Mendagri Buat Aturan Atas Perintah Sidang Kabinet

"Karena kita belum usai Covid-19 nya, baru surut. Sehingga saya mendukung harga test itu semurah-murahnya," kata Ridwan Kamil dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Rabu (27/10/2021).

Meski demikian, Ridwan Kamil mengapresiasi langkah Presiden Jokowi untuk menurunkan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu.

Karena harga Rp 300 ribu ini menang dinilai cukup meringankan.

Namun menurut Ridwan Kamil, jika bisa lebih murah, maka ia ingin harganya diturunkan lagi.

Baca juga: Legislator PDIP Minta Harga Tes PCR Rp 300 Ribu Dikaji Ulang: Kalau Bisa Diturunkan Lagi 

"Kalau Pak Jokowi mengarahkan di bawah Rp 300 ribu itu juga akan meringankan, kalau bisa juga lebih murah lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut Ridwan Kamil menuturkan, selain harga murah ia ingin agar hasil tes PCR bisa didapatkan lebih cepat.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas