Tribun

Hari Sumpah Pemuda

Anggota Wantimpres: Kaum Muda Harus Mampu Jaga Keberagaman

Sidarto Danusubroto mengatakan Sumpah Pemuda menjadi momen generasi muda menumbuhkan nasionalisme.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Anggota Wantimpres: Kaum Muda Harus Mampu Jaga Keberagaman
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang juga Ketua Harmoni Indonesia Sidarto Danusubroto mengatakan Sumpah Pemuda menjadi momen generasi muda menumbuhkan nasionalisme.

Semangat para pemuda yang mencetuskan Sumpah Pemuda, menurutnya, menjadi energi positif generasi penerus bangsa untuk menjaga keberagaman Indonesia.

“Keberagaman atau kebhinekaan Indonesia merupakan potensi dan kekuatan yang harus kita jaga dan rawat sehingga dapat memberikan keindahan dalam kehidupan masyarakat yang sangat majemuk," ujar Sidarto saat menjadi keynote speaker dalam webinar ‘Semangat Membangun Negeri dalam Harmoni Keberagaman Indonesia’, Kamis (28/10/2021).

Nilai-nilai Sumpah Pemuda, menurut Sidarto harus menjadi motivasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sumpah Pemuda juga dimaknai untuk mempertahankan kemerdekaan, kemandirian, kedaulatan, dan menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Momentum Bangkitkan Semangat Anak Bangsa Jaga Gambut dan Mangrove

"Harmoni Indonesia sendiri merupakan sebuah wadah dan gagasan yang lahir untuk mengharmonisasi segala potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, yang fokus membantu menyiapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan saat ini dan masa depan sebagai bagian dari komuniti global," kata Sidarto.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN), M Arsjad Rasjid menekankan pentingnya kepemimpinan yang memiliki nilai Authenticity, Spirituality, dan Agility (ASA).

Menurut Arsjad, seseorang harus autentik atau menjadi dirinya sendiri, bukan berpura-pura menjadi orang lain.

Temukan tujuan hidup anda (discover your true north). Berikutnya, seseorang harus memiliki nilai-nilai spiritual di dalam dirinya yang menjadi guidance.

Baca juga: PDIP Rayakan Hari Sumpah Pemuda, Megawati Sekaligus Resmikan 16 Kantor Partai dan Taman UMKM

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas