Tribun

Virus Corona

Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di AS Terdeteksi di California

Departemen Kesehatan Masyarakat untuk California dan San Francisco, AS mengkonfirmasi bahwa kasus baru virus corona varian omicron.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di AS Terdeteksi di California
File AFP Via Arab News
Covid-19 di Amerika Serikat.Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di AS Terdeteksi di California 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Departemen Kesehatan Masyarakat untuk California dan San Francisco, Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa kasus baru virus corona (Covid-19) yang ditemukan baru-baru ini pada seseorang yang ada di kota itu disebabkan oleh varian omicron.

Orang tersebut adalah seorang musafir yang kembali dari Afrika Selatan pada 22 November lalu dan telah divaksinasi secara lengkap.

Dikutip dari laman USA Today, Kamis (2/12/2021), pengurutan genom yang dilakukan di University of California-San Francisco pun mengkonfirmasi varian tersebut.

Baca juga: Imbas Temuan Omicron, WHO Sarankan Kelompok Berisiko Tinggi Menunda Perjalanan

Baca juga: Wall Street Berubah Menjadi Merah Gara-gara Omicron Masuk AS

"Kami tahu bahwa hanya masalah menunggu waktu sebelum akhirnya kasus omicron pertama terdeteksi di Amerika Serikat," kata Penasihat Presiden AS Joe Biden, Anthony Fauci dalam jumpa pers di Gedung Putih.

Sementara itu, Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, Grant Colfax mengatakan dalam konferensi pers bahwa orang yang terinfeksi ini memiliki gejala ringan dan telah pulih.

"Individu tersebut memiliki rejimen vaksin Moderna lengkap, namun tidak mendapatkan suntikan (dosis penguat) booster," kata Colfax.

Sedangkan kontak erat pasien itu telah diberitahu dan dilakukan pengujian yang sejauh ini menunjukkan hasil negatif.

Sama seperti yang disampaikan Presiden Biden pada awal pekan ini, Colfax mengatakan kehadiran omicron merupakan sumber kekhawatiran namun bukan menjadi alasan masyarakat untuk panik.

Walaupun ia meyakini bahwa omicron kemungkinan besar memiliki sifat yang lebih mudah dan cepat menular dibandingkan varian delta.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas