Tribun

Virus Corona

Asal-usul Nama Omicron dari Huruf Yunani, Ketahui Cara Mengucapkan dan Artinya

Simak penjelasan mengenai asal-usul nama Omicron yang diambil dari huruf Yunani serta cara mengucapkan dan artinya.

Penulis: Katarina Retri Yudita
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Asal-usul Nama Omicron dari Huruf Yunani, Ketahui Cara Mengucapkan dan Artinya
CNN
Ilustrasi Coronavirus - Simak penjelasan mengenai asal-usul nama Omicron yang diambil dari huruf Yunani serta cara mengucapkannya dan artinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak penjelasan mengenai asal-usul nama Omicron yang diambil dari huruf Yunani serta cara mengucapkan dan artinya.

Varian baru virus Corona yang dikenal dengan nama Omicron adalah varian ke-13 dari virus SARS-CoV-2.

Kelompok Penasihat Teknis Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang Evolusi Virus mengatakan, varian Omicron naik ke tingkat yang mengkhawatirkan.

Hal ini mengingat beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada perilaku varian ini, misalnya, pada seberapa mudah menyebar atau tingkat keparahan penyakit tersebut.

Baca juga: Presiden Ingatkan Bahaya Gelombang Keempat Pandemi Covid-19 Varian Omicron

Berasal dari huruf Yunani

Pada Mei lalu, WHO mengumumkan menggunakan sistem baru untuk penamaan varian guna menghindari kebingungan dan stigma ke negara-negara di mana varian pertama kali didokumentasikan, yakni menggunakan huruf Yunani.

Selain itu, WHO juga mengatakan, tujuan penggunaan alfabet Yunani adalah untuk memudahkan dan lebih praktis bagi komunitas non-ilmiah untuk membahas variannya.

Mengutip usatoday.com, Profesor Penyakit Menular dan Obat-obatan sekaligus Direktur Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Dr. Waleed Javaid, mengatakan ia telah menemukan penggunaan huruf Yunani sangat membantu ketika berkomunikasi dengan pasien atau anggota staf yang tidak terlatih dalam memahami aspek teknis dari perbedaan varian.

Perlu diketahui, memanggil varian menggunakan nama negara juga dapat menimbulkan stigma yang tidak adil ketika varian tersebut mungkin tidak berasal dari negara tersebut dan baru pertama kali terdeteksi di sana.

Ilustrasi virus corona - Simak penjelasan mengenai asal-usul nama Omicron yang diambil dari huruf Yunani serta cara mengucapkannya dan artinya.
Ilustrasi virus corona - Simak penjelasan mengenai asal-usul nama Omicron yang diambil dari huruf Yunani serta cara mengucapkannya dan artinya. (Freepik)

Omicron adalah huruf ke-15 dalam alfabet Yunani, dengan menggunakan simbol huruf besar "Ο" dan huruf kecil "ο".

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas