Tribun

Virus Corona

Pemerintah Harus Lebih Responsif Melakukan Pengawasan dalam Upaya Mencegah Varian Omicron

Strategi pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 varian delta dinilai perlu diteruskan pada upaya mencegah varian Omicron.

Editor: Adi Suhendi
Pemerintah Harus Lebih Responsif Melakukan Pengawasan dalam Upaya Mencegah Varian Omicron
MPR RI
Zulfikar Arse Sadikin. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Strategi pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 varian delta dinilai perlu diteruskan pada upaya mencegah varian Omicron.

Anggota DPR dari Fraksi Golkar Zulfikar Arse Sadikin menilai pemerintah sudah berhasil dalam mengendalikan varian delta.

Dia menambahkan, keberhasilan pemerintah itu pun sudah diakui dunia dan dijadikan contoh bagi beberapa negara lain oleh WHO.

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah tetap garda terdepan dalam pengendalian Covid-19.

"Bukan agresif, namun tepatnya lebih kepada responsif dalam melakukan pengawasan di masyarakat," ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Kemudian, kata dia, perlu mengutamakan pendekatan yang manusiawi ketimbang pendekatan yang agresif.

"Sekali lagi, kita patut pertahankan strategi saat pengendalian varian Delta dalam menghadapi varian Omicron ini," katanya.

Baca juga: Umumkan Varian Omicron, Afrika Selatan Diblok Sejumlah Negara, Apakah Itu Upaya Tepat? Ini Kata Ahli

Menurut dia, kesadaran masyarakat terkait protokol masyarakat sudah meningkat, hanya saja mulai ada sedikit ketidakwaspadaan karena jumlah pasien Covid-19 terus menurun.

"Ini tentu tugas kita bersama agar jangan sampai periode gelombang kedua terulang kembali pada gelombang ketiga. Mengingat varian virus semakin berbahaya saat ini," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas