Tribun

Virus Corona

Mengapa Seseorang Tidak Terinfeksi Meski Berada di Sekitar Orang yang Positif Covid-19?

Mengapa seseorang tidak terinfeksi virus Corona meski berada di sekitar orang yang positif Covid-19? Berikut penjelasannya.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Garudea Prabawati
Mengapa Seseorang Tidak Terinfeksi Meski Berada di Sekitar Orang yang Positif Covid-19?
freepik
Ilustrasi Covid-19 - Mengapa seseorang tidak terinfeksi virus Corona meski berada di sekitar orang yang positif Covid-19? Berikut penjelasannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Banyak dari kita yang mungkin tidak terinfeksi virus Corona meski tinggal bersama orang yang telah dites positif Covid-19.

Seperti diketahui, SARS-CoV-2 terutama menyebar melalui partikel di udara. Virus ini dapat menyebar dengan cepat melalui kerumunan orang yang berada dalam satu ruangan tertutup.

Jadi, bagaimana orang yang menghirup udara yang sama dengan mereka yang terinfeksi, tetap tidak terinfeksi?

Menurut sebuah studi baru, jawabannya mungkin terletak pada orang yang terpapar virus Corona lain di masa lalu yang memungkinkan mereka membuat sel kekebalan memori, yang disebut sel T, yang menawarkan perlindungan terhadap virus corona SARS-Cov-2.

Istilah Coronavirus adalah istilah yang luas yang mencakup sejumlah virus selain yang menyebabkan Covid-19.

Baca juga: Sampel Darah yang Disimpan, Ungkapkan Covid-19 Mungkin Telah Mencapai Norwegia pada Awal 2019

Dikutip dari Aljazeera, banyak flu biasa yang kita lihat disebabkan oleh virus yang termasuk dalam keluarga Coronavirus.

Studi ini menunjukkan bahwa memori sel T yang dibuat oleh paparan virus ini bisa menjadi alasan mengapa beberapa orang dites negatif untuk Covid-19 meskipun tinggal dengan seseorang yang dites positif.

Adapun studi ini mengikuti 52 kontak rumah tangga Covid-19.

Tujuannya adalah untuk menangkap titik paling awal di mana orang-orang ini mengembangkan respons imun terhadap virus SARS-Cov-2.

Darah diuji untuk sel-sel kekebalan antara hari pertama dan hari keenam ketika ada satu orang yang dites positif dalam satu rumah.

Baca juga: China Berlakukan Aturan Ketat Covid-19, Amerika Serikat Bahas Izinkan Diplomat Tinggalkan Beijing

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas