Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Deretan Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan saat Isoman

Olahraga juga membantu memperkuat dan membangun kembali kekebalan pasien Covid-19 jika dilakukan dengan intensitas sedang.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Deretan Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan saat Isoman
Freepik
Ilustrasi olahraga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Saatnya meningkatkan imunitas di rumah selama Covid-19.

Dengan meningkatnya isolasi mandiri dan jarak sosial, orang-orang berisiko lebih tinggi menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak.




Faktor kunci untuk melindungi diri dari tahap penyakit yang parah adalah mempertahankan sistem kekebalan yang kuat.

Spesialis Kedokteran Olahraga Good Doctor dr. Alvin Wiharja, Sp.KO mengatakan, olahraga juga membantu memperkuat dan membangun kembali kekebalan pasien Covid-19 jika dilakukan dengan intensitas sedang.

Baca juga: Bersepeda Jadi Olahraga Paling Populer Selama Pandemi Covid-19

Bagi mereka yang berada di karantina, baik positif Covid-19 maupun tidak, tetap dianjurkan untuk melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang.

Hanya saja, jika pasien mengalami gejala klinis, segera hentikan olahraga dan konsultasikan dengan tenaga medis yang kredibel sebagaimana mestinya.

BERITA TERKAIT

Dilansir dari British Journal of Sports Medicine, sebuah penelitian yang dilakukan pada 48.440 pasien dewasa dengan diagnosis Covid-19 dari 1 Januari 2020 hingga 21 Oktober 2020 menunjukkan pasien Covid-19 yang secara konsisten tidak aktif memiliki risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit, masuk ke ICU, dan kematian akibat Covid-19 dibandingkan pasien yang secara konsisten memenuhi pedoman aktivitas fisik.

Pasien yang tidak aktif secara konsisten juga memiliki risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit, masuk ke ICU, dan kematian akibat Covid-19 dibandingkan pasien yang melakukan beberapa bentuk aktivitas fisik.

Ia menjelaskan banyak strategi lain yang bisa dilakukan untuk tetap aktif selama di rumah.

1. Jangan duduk sepanjang hari

Jika ingin menonton televisi, bangun dan bergerak selama iklan dan berjalan-jalan di sekitar ruangan.

Lalu bisa melempar pakaian kotor ke dalam keranjang seperti latihan basket, mencuci piring, atau membuang sampah ke luar. Harus merasa produktif setelah acara TV itu.

“Intinya, mencari apa yang ada di sekitar kita, apa yang bisa kita lakukan untuk membuat kita aktif," kata dia dalam talkshow Good Doctor beberapa waktu lalu

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas