Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amankan Pelonggaran Sosial, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (Binda DIY) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di semua kabupaten dan kota.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Amankan Pelonggaran Sosial, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi Covid-19
Istimewa
Binda DIY  menggencarkan vaksinasi Covid-19 di semua kabupaten dan kota di wilayahnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (Binda DIY) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di semua kabupaten dan kota di wilayahnya.

Hal ini dilakukan sebagai mitigasi risiko agar pelonggaran sosial yang dilakukan saat ini tidak berakibat melonjaknya kembali kasus Covid-19.

Diketahui, seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Tanah Air, pemerintah secara bertahap mulai melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat.




Kegiatan ibadah Ramadan di masjid-masjid kini sudah hampir normal dan libur Lebaran akan kembali diwarnai tradisi mudik.

Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, masyarakat harus memiliki kekebalan yang memadai untuk bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman di tengah masyarakat. 

Kekebalan ini dapat dicapai minimal dengan vaksinasi dosis primer dan idealnya hingga dosis booster.

“Vaksinasi hingga dosis booster  sangat penting, karena akan memberikan imunitas yang baik di tengah terjadinya mutasi virus. Apalagi saat ini varian Omicron berpotensi menyebar dengan cepat. Vaksinasi  merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus karena interaksi sosial yang tinggi saat ini,” kata Andry Wibowo, Minggu (24/4/2022).

BERITA TERKAIT

Untuk itu, Andry mengatakan, kegiatan vaksinasi massal akan terus diakselerasi untuk  mewujudkan kekebalan komunal masyarakat. 

Kegiatan vaksinasi di DIY bukan hanya dilakukan pada saat hari kerja saja.

Menurut Andry, Binda DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah DIY pada libur akhir pekan pun menggelar vaksinasi di sejumlah tempat.

Baca juga: Jelang Libur Lebaran, Binda Babel Target Suntikkan 75 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Selama Ramadan

Di antaranya di Sleman City Hall dan Teras II Malioboro, Kota Yogyakarta.

Pelayanan vaksinasi dibuka pada pagi dan sore hari. 

“Kita berharap, dengan semakin luasnya vaksinasi hingga dosis booster di Yogyakarta, masyarakat dapat menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk nanti bersilaturahmi bersama keluarga di hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, dan lancar,” kata Andry Wibowo.

Lokasi lain yang dipilih Binda DIY untuk menggelar layanan vaksinasi adalah Masjid Agung Manunggal, Bantul.

Di sini, BIN DIY bekerjasama dengan  Kantor Kemenag Bantul, Polres Bantul,  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Nahdatul Ulama (NU). 

Seorang warga mengaku senang mendapatkan vaksinasi, karena kini dia bisa tenang saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Selama Ramadan, Binda Jateng Target Suntikkan 32.000 Dosis Vaksin Covid-19 

“Saya awalnya ragu-ragu, boleh tidak saat puasa itu divaksin. Setelah mendapatkan penjelasan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa, boleh, saya langsung vaksin di lokasi,” kata Surahyo, warga Bantul.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas