Tribun

Ketua DPD RI Paparkan Peran Penting Ulama Bagi Kemerdekaan Indonesia

Pada kesempatan itu, LaNyalla menyebut jika pesantren memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan Indonesia.

Editor: Content Writer
zoom-in Ketua DPD RI Paparkan Peran Penting Ulama Bagi Kemerdekaan Indonesia
DPD RI
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, melanjutkan kegiatan resesnya di Jawa Timur dengan mengunjungi Pondok Pesantren Darul 'Ulum di Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

LaNyalla juga mengunjungi Pondok Pesantren Al-Mimbar di Dusun Sambongsukuh, Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Di kedua pondok pesantren tersebut, Senator asal Jawa Timur itu memaparkan pentingnya peran ulama dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelumnya, LaNyalla beserta rombongan terlebih dahulu ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari di lingkungan Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. LaNyalla juga melakukan ziarah kubur ke makam Presiden RI Keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kompleks pemakaman yang sama.

LaNyalla kemudian melanjutkan ziarah makamnya ke makam salah satu pendiri NU yang juga oencipta lagu Syubbanul Wathon, KH Abdul Wahab Chasbullah.

Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum, sebelum menyerap aspirasi Senator asal Jawa Timur itu juga melakukan ziarah kubur terlebih dahulu. Begitu juga ketika tiba di Pondok Pesantren Al-Mimbar.

Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum, LaNyalla diterima langsung oleh Gus Zahrul Jihad atau yang karib disapa Gus Heri dan Gus Zainul Ibad atau yang akrab disapa Gus Ulip. Sementara di Pondok Pesantren Al-Mimbar, LaNyalla ditemui oleh Abdul Hakam yang merupakan kerabat pengasuh Pondok Pesantren Al-Mimbar, KH Imron Rosadi.

Pada kesempatan itu, LaNyalla menyebut jika pesantren memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan Indonesia.

"Kalau saya ditanya, apa peran pondok pesantren dalam kemajuan Indonesia? Saya akan jawab dengan dua kata saja, yaitu banyak sekali!" tegas LaNyalla.

Dikatakannya, pesantren adalah institusi masyarakat madani yang mandiri. Bahkan, pesantren menjadi problem solver bagi masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas