Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Komisi I Rampungkan Uji Kepatutan dan Kelayakan 32 Calon Dubes RI

Komisi I DPR RI telah merampungkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 32 calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBP

Komisi I Rampungkan Uji Kepatutan dan Kelayakan 32 Calon Dubes RI
Oji/Man (dpr.go.id)
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Aditya Rizaldi. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi I DPR RI telah merampungkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 32 calon Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBPP) RI untuk negara-negara sahabat.

Uji kepatutan dan kelayakan ini terbagi 8 sesi dan berlangsung sejak Selasa (16/6/2020) hingga Kamis (18/6/2020), secara internal.

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Aditya Rizaldi mengatakan bahwa uji kepatutan dan kelayakan tersebut untuk mendalami konsep para calon Dubes dalam meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan negara-negara sahabat.

Baca: Politikus PKS Minta DPR Batalkan Pembahasan RUU HIP Saat Rapat Paripurna

“Uji kelayakan calon Dubes hari ini berakhir dan kami optimistis penempatan Dubes usulan Pemerintah kali ini akan meningkatkan hubungan bilateral Indonesia di berbagai sektor,” optimis Bobby saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Selanjutnya, hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Dubes oleh Komisi I DPR RI akan disampaikan kepada Pimpinan DPR RI. Kemudian, Pimpinan DPR menyampaikan hasil pembahasan di Komisi I DPR RI itu kepada Presiden Joko Widodo.

Baca: Panglima TNI dan Menhan Prabowo Subianto Hadiri Rapat Kerja dengan Komisi I DPR

Sebelumnya, DPR RI telah menerima Surpres Nomor:R-15/Pres/03/2020, tanggal 19 Maret 2020, perihal Permohonan Pertimbangan bagi Calon Duta Besar LBPP RI untuk Negara Sahabat. Surpres tersebut berisi 31 nama calon Dubes LBPP. 

Kemudian, Pimpinan DPR RI mendapat tambahan satu nama usulan calon Dubes LBBP dari Presiden RI Joko Widodo melalui Surpres bernomor R26/Pres/05/2020/tanggal 22 Mei 2020 tentang Permohonan Pertimbangan bagi Calon Duta Besar LBPP RI untuk Negara Sahabat, sehingga total ada 32 nama calon Dubes yang diuji kepatutan dan kelayakan.

Baca: 287 Anggota DPR Tidak Hadiri Rapat Paripurna Soal RAPBN 2021

Berikut daftar nama 32 calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk negara sahabat yang telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

1. Adam Mulawarman Tugio, Calon Dubes LBBP RI untuk Republik Islam Pakistan berkedudukan di Islamabad;

2. Agung Kurniadi, Calon Dubes LBBP RI untuk Ekuador, berkedudukan di Quito;

Halaman
1234
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas