Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Burhanudin Muhtadi: Zaini-Muzakir Menangi Pilkada Aceh

Penghitungan cepat (quick count) yang dilaksanakan sejumlah lembaga survei, menempatkan pasangan calon gubernur/wakil

Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in Burhanudin Muhtadi: Zaini-Muzakir Menangi Pilkada Aceh
SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA
Deklarasi Pilkada Damai- Pasangan kandidat dari Partai Aceh (PA) dr Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf menandatangani prasasti saat deklarasi Pilkada Damai di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (14/3/2012). Sebanyak 137 pasangan kandidat gubernur, bupati dan walikota ikrar pilkada damai yang disaksikan oleh Menkopolhukam, Djoko Suyanto, Mendagri, Gamawan Fauzi, Menpan Azwar Abubakar, Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, Kapolri, Jenderal Timur Pradopo dan Panwaslu, KPU serta pejebat negara lainnya. 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur/Banda Aceh

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Penghitungan cepat (quick count) yang dilaksanakan sejumlah lembaga survei, menempatkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang diusung Partai Aceh (PA) dan koalisi sejumlah partai nasional, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, sebagai pemenang dalam pilkada Aceh.

Penelusuran Serambi dari beberapa lembaga penyelenggara survei menunjukkan, pasangan "Perjuangan dan Perdamaian" ini menang telak dengan meraup lebih dari 50 persen suara.

Keunggulan pasangan Zaini-Muzakir dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Hasil quick count LSI menunjukkan Zaini-Muzakir meraih suara sebesar 53.67 persen, dengan tingkat partisipasi dari data pemilih tetap 73.33 persen.

Sedangkan, urutan kedua ditempati oleh pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan dengan angka 30,29 persen. Kemudian diikuti oleh pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah sebesar 7,92 persen, Darni Daud-Ahmad Fauzi sebesar 4,19 persen, dan Tengku Ahmad Tajudin-Suriansyah sebesar 3,44 persen.

"Melalui hasil sementara ini, kami (LSI) yakin pasangan nomor lima, yaitu Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, akan memenangi Pemilukada Aceh," kata Direktur Komunikasi Publik LSI Burhanudin Muhtadi.

Keunggulan pasangan ini juga terlihat dari hasil penghitungan cepat Script Survei Indonesia (SSI). Dirilis pemilunews.com pasangan Zaini-Muzakir (PA) meraup 51,74 persen suara.

BERITA TERKAIT

Disusul Irwandi-Muhyan (independen) 29,67 persen, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah (Partai Demokrat, PPP, & Partai Sira) 9,96 persen, Darni M Daud-Ahmad Fauzi (independen) 5,28 persen, dan Tengku Ahmad Tajuddin-Suriansyah (independen) 3,32 persen.

Data yang sudah masuk di SSI adalah 78,7 persen suara. "Quick count SSI mengambil 417 sampel yang tersebar di 23 kab/kota dengan menggunakan metode Multi stage random Sampling, tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin error plus minus 2,5 persen," demikian dirils SSI.

Sementara dalam tweet terakhir Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny JA, seperti dalam tweetnya (DennyJA_WORLD), data masuk pukul 17.50 WIB menempatkan pasangan dr Zaini Abdullah-Muzakir Manaf unggul 54.20 persen. Sedangkan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan sebesar 30.03 persen, dan M Nazar-Nova 7.80 persen. Saat tweet Denny JA dirilis, data yang masuk sudah mencapai 98.29 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas