Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Aceh Tentukan Gubernur

Hari ini, Senin (9/4/2012), sebanyak 3.244.000 penduduk Aceh yang tersebar dalam 23 kabupaten/kota akan memilih gubernur/wakil gubernur

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini Aceh Tentukan Gubernur
SERAMBI Indonesia/M ANSHAR
Warga memberikan hak suara di TPS Geuce Komplek, Banda Aceh, Senin (9/4/2012). Sebanyak 3.245.464 warga di 17 daerah di Aceh diharapkan berpartisipasi dalam Pilkada kali ini. Mereka akan memilih satu di antara 5 pasangan cagub-cawagub Aceh. (SERAMBI Indonesia/M ANSHAR) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Hari ini, Senin (9/4/2012), sebanyak 3.244.000 penduduk Aceh yang tersebar dalam 23 kabupaten/kota akan memilih gubernur/wakil gubernur yang akan memimpin provinsi berpenduduk 4,2 juta jiwa ini untuk lima tahun ke depan.

Selain memilih gubernur/wakil gubernur, penduduk Aceh yang berada di 17 kabupaten/kota akan melakukan pemilihan bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota untuk periode yang sama.

Lima pasangan cagub/cawagub akan bertarung pada Pilkada 2012. Mereka adalah (sesuai nomor urut), Tgk H Ahmad Tajuddin AB (Abi Lampisang/HT Ir Suriansyah MSi, drh Irwandi Yusuf MSc/Dr Ir Muhyan Yunan MSc (Hw.Eng), Prof Dr H Darni M Daud MA/Dr Tgk Ahmad Fauzi MAg, H Muhammad Nazar SAg/Ir Nova Iriansyah MT, dan dr H Zaini Abdullah/Muzakir Manaf.

Kelima pasangan cagub/cawagub tersebut akan menggunakan hak pilih di lokasi tempat tinggal masing-masing (lihat; TPS cagub/cawagub). Menurut data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, ada 9.786 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Ketua KIP Aceh, Abdul Salam Poroh ketika konferensi pers, Sabtu (7/4/2012) memperkirakan antusiasme masyarakat yang akan memilih pada pilkada kali ini akan lebih besar dari pilkada dan pileg serta pilpres 2009.

Masih menurut keterangan pihak KIP, proses pemungutan suara di TPS berlangsung pukul 08.00-16.00 WIB. Sesampai di lokasi TPS, warga memperhatikan surat suara dalam kondisi baik dan tertera tanda tangan Ketua Kelompok Penyelenggaran Pemugutan Suara (KPPS) di desa setempat.

“Setelah mendapat surat suara, warga langsung ke TPS dengan mencoblos salah satu pasangan calon. Setelah ke luar dari bilik, harus mencelupkan jari ke dalam tinta yang sudah disediakan petugas,” kata anggota KIP Aceh, Nurjani Abdullah.

BERITA TERKAIT

Siapa di antara kelima pasangan cagub/cawagub yang akan meraih suara terbanyak sekaligus menjadi gubernur/wakil gubernur terpilih periode 2012-2017, rakyatlah yang akan menentukan pada proses pilkada hari ini. Berbagai program dan komitmen yang disampaikan oleh masing-masing pasangan cagub/cawagub ketika tahapan kampanye pada 22 Maret-5 April 2012 akan menjadi salah satu referensi bagi rakyat untuk menentukan pilihannya.

Mantan Rektor IAIN Ar-Raniry, Prof Yusny Saby PhD pada acara silaturahmi dengan sejumlah tokoh Aceh dari berbagai lintas lembaga dan organisasi, di Aula Dinas Infokom Aceh, Banda Aceh, Sabtu (7/4/2012) mengingatkan para calon kepala daerah untuk merealisasikan dan mempertanggungjawabkan semua janji yang telah disampaikan pada masa kampanye, jika nanti terpilih sebagai kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Aceh.

Selain memilih gubernur/wakil gubernur, hari ini juga secara serentak masyarakat di 17 kabupaten/kota akan memilih bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota. Semua pihak berharap, proses Pilkada Aceh hari ini akan berlangsung lancar, aman, dan damai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas