Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Granit Xhaka, Bintang Swiss yang Santuy Minum Cola di Momen Tersingkirnya Prancis

Aksi Xhaka yang meminum Cola, disebutkan menjadi gambaran Xhaka tetap tenang di fase krusial -adu penalti- yang akhirnya membuat Prancis tersingkir.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Granit Xhaka, Bintang Swiss yang Santuy Minum Cola di Momen Tersingkirnya Prancis
OZAN ??KOSE / Pool / AFP
Penyerang Swiss Breel Embolo (tengah) merayakan golnya bersama gelandang Swiss Granit Xhaka (kanan) dan bek Swiss Kevin Mbabu dalam pertandingan sepak bola Grup A UEFA EURO 2020 antara Wales dan Swiss di Stadion Olimpiade di Baku pada 12 Juni 2021. OZAN ??KOSE / Pool / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Swiss mengukir rekor saat mampu mengalahkan Prancis pada babak 16 besar EURO 2020, di Arena Nationala Bucharest, Senin (28/6/2021) atau Selasa dini hari WIB.

Untuk pertama kalinya dalam 67 tahun sejak Piala Dunia 1954, Swiss sukses mencapai perempatfinal dalam sebuah turnamen akbar.

Aktor kesuksesan Swiss, tentu saja seluruh anggota skuat yang tergabung dalam La Nati, julukan Timnas Swiss.




Hal itu tanpa mengeyampingkan peran dari Haris Seferovic yang mampu mencetak dua gol dan Mario Gavranovic lewat gol krusial penyeimbang di ujung laga.

Baca juga: Fakta-Fakta Mengejutkan di Balik Tersingkirnya Prancis dari EURO 2020, Kylian Mbappe Jadi Pesakitan

Bek Swiss Nico Elvedi (kiri) menandai penyerang Prancis Kylian Mbappe selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Swiss di National Arena di Bucharest pada 28 Juni 2021.
Justin Setterfield / POOL / AFP
Bek Swiss Nico Elvedi (kiri) menandai penyerang Prancis Kylian Mbappe selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Swiss di National Arena di Bucharest pada 28 Juni 2021. Justin Setterfield / POOL / AFP (Justin Setterfield / POOL / AFP)

Pun, ada sosok istimewa yang menjadi ruh permainan Swiss dalam laga tersebut.

Dia adalah sang kapten, Granit Xhaka.

Meski tak mencetak gol, Xhaka tampil luar biasa di pertandingan yang menguras fisik dan emosi tersebut.

BERITA TERKAIT

Dia mampu menjadi inspirasi tim yang menjaga mental rekan-rekannya melewati fase demi fase pertandingan hingga babak adu penalti.

Baca juga: Inggris Vs Jerman, Skandal UEFA Dituding Untungkan Inggris, Loew Ngamuk Tak Bisa Latihan di Wembley

Pemain depan Swiss Haris Seferovic merayakan mencetak gol pertama tim selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Swiss di National Arena di Bucharest pada 28 Juni 2021.
Justin Setterfield / POOL / AFP
Pemain depan Swiss Haris Seferovic merayakan mencetak gol pertama tim selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Swiss di National Arena di Bucharest pada 28 Juni 2021. Justin Setterfield / POOL / AFP (Justin Setterfield / POOL / AFP)

Xhaka, di laga itu tampak tak bosan memotivasi rekan setimnya. Meneriaki mereka agar terus berjuang meski dalam keadaan tertinggal.

Dua gol penyeimbang, terjadi setelah jeda water break, momen di mana Xhaka terus memompa semangat teman-temannya yang hampir kalah.

Peran luar biasa itu mendapat kredit dari Uefa yang menyematkan Granit Xhaka sebagai man of the match.

Mengutip dari situs Uefa.com, pengamat teknis UEFA, Corinne Diacre menilai Xhaka menjadi pemegang komando lapangan yang impresif.

"Sangat mengesankan di lini tengah, ofensif dan defensif. Pemimpin timnya dengan komunikasi dan organisasi yang hebat," kata Corinne.

Mantap di Lapangan

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas