Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Memotret Pelaksanaan Salat Jamak Dhuhur Dan Ashar Dari Dalam Pesawat Petugas Haji

Bagi jemaah haji yang biasanya berangkat dari tanah air siang hari mereka akan melewati perjalanan dengan memasuki dua waktu salat wajib.

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Memotret Pelaksanaan Salat Jamak Dhuhur Dan Ashar Dari Dalam Pesawat Petugas Haji
TRIBUN/M HUSEIN SANUSI
Petugas Haji dan Jamaah Haji melakukan salat berjamaah di dalam kabin pesawat Garuda Indonesia yang akan menuju Jeddah, Arab Saudi, Rabu (10/7/2019). Sebanyak 370 Petugas Haji Daerah Kerja Mekkah diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, sejak Selasa 9 Juli 2019 untuk melayani segala kebutuhan Jamaah Haji asal Indonesia. TRIBUNNEWS/M HUSEIN SANUSI 

Laporan Wartawan Tribunnews, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Jemaah haji Indonesia terus berdatangan ke tanah suci, Madinah dan Makkah. Mereka datang ke Arab Saudi dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

Bagi jemaah haji yang biasanya berangkat dari tanah air siang hari mereka akan melewati perjalanan dengan memasuki dua waktu salat wajib, dhuhur dan ashar dalam kondisi berada di dalam kabin pesawat yang menerbangkan mereka.




Dalam situasi musafir seperti ini jemaah haji diperbolehkan menggabungkan atau menjamak salat dhuhur dan ashar dalam satu waktu dan dikerjakan di dalam pesawat.

Pemandangan ini tampak terjadi di dalam kabin pesawat Garuda Indonesia berisi 370 petugas haji yang diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Bandara King Abdul Aziz, Selasa (9/7/2019).

Pelaksanaan salat jamak dhuhur dengan ashar dilakukan berjamaah dengan diumumkan lewat pengeras suara yang ada di dalam kabin pesawat. Salat kemudian dipimpin oleh imam yang mengambil posisi memimpin salat dari belakang pilot.

Seperti salat biasa, diawali dengan adzan dan iqomat yang didengar jelas lewat pengeras suara, lalu imam salat memimpin pelaksanaan salat juga dengan aba-aba bacaan salat dari pengeras suara.

BERITA TERKAIT

Tampak penumpang yang menjadi makmum salat jamak dhuhur dengan ashar ini khusyuk merapal doa-doa salat. Salat dhuhur dan ashar digabung menjadi 4 rakaat dengan dua rakaat salam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas