Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2019

Layanan Fasilitas Haji Tahun Ini Memuaskan, Tapi Bimbingan Ibadah Masih Belum Maksimal

Layanan fasilitas haji yang bersifat materi dinilai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan tidak sedikit dari jemaah haji mengaku puas dengan l

Layanan Fasilitas Haji Tahun Ini Memuaskan, Tapi Bimbingan Ibadah Masih Belum Maksimal
Tribunnews/Bahaudin/MCH2019
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat menyapa Jemaah Haji Indonesia di Terminal Syieb Amir, Makkah, Jumat (16/8/2019). (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Jeddah

TRIBUNNEWS.COM, JEDDAH - Layanan fasilitas haji yang bersifat materi dinilai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan tidak sedikit dari jemaah haji mengaku puas dengan layanan tersebut.

Layanan itu antara lain dari segi hotel, konsumsi, transportasi hingga aspek keamanan serta kenyamanan jemaah haji selama berada di tanah suci.

Namun, itu ternyata belum sempurna. Masih ada catatan penting yang perlu diperhatikan yakni dari aspek bimbingan ibadah yang sejatinya adalah tujuan utama jemaah haji berada di tanah suci.

“Tapi setidak-tidaknya di tengah-tengah penyelenggaraan haji tahun ini apalagi pasca wukuf ini kita bisa mendapatkan hal-hal yang sifatnya pokok yang bisa cermati dan kita kembangkan ke depan jadi hasilnya tadi masukan dari delegasi Amirul Hajj dan beberapa yang lain, beberapa poin yang kita kembangkan adalah terkait dengan bimbingan ibadah haji itu sendiri terkait dengan akomodasi konsumsi transportasi dan lain sebagainya yang sifatnya penyelenggarakaan itu kita mendapatkan kesan cukup baik tinggal sekarang peningkatan pada kualitas ibadahnya,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman beserta Delegasi Amirul Hajj melakukan evaluasi sementara di Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI), Sabtu (17/8/2019) kemarin.

Dalam rapat tersebut disepakati aspek bimbingan ibadah perlu ditingkatkan lagi.

“Oleh karenanya saya menyatakan bahwa tahun depan harus kita jadikan tahun peningkatan kualitas ibadah,” katanya.

Salah satu cara meningkatkan kualitas ibadah dengan melengkapi buku-buku manasik haji.

Baca: Bajakah Marak Dijual dengan Harga Fantastis, Jangan Asal Konsumsi, Salah Minum Bisa Berbahaya 

Baca: Terbukti Efektif Bantu Jemaah Haji, Tim Pertolongan Pertama Perlu Ditambah

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat menyapa Jemaah Haji Indonesia di Terminal Syieb Amir, Makkah, Jumat (16/8/2019). (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat menyapa Jemaah Haji Indonesia di Terminal Syieb Amir, Makkah, Jumat (16/8/2019). (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019) (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019)

“Harus kita lengkapi tidak hanya terkait kaifiyah tata cara berhaji tetap kita pertahankan tapi juga kita tambah dengan makosidusyariah terkait hal-hal yang lebih substantif yang lebih krusial dari ritual prosesi haji yang sangat panjang tahapannya ini,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Husein Sanusi
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...

Berita Terkait :#Ibadah Haji 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas