Tribun

Ibadah Haji 2022

Kemenag Belum Dapat Informasi Resmi dari Arab Saudi Soal Penambahan Kuota Haji

Kementerian Agama mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait penambahan kuota haji dari pihak Arab Saudi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kemenag Belum Dapat Informasi Resmi dari Arab Saudi Soal Penambahan Kuota Haji
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag, Hilman Latief mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait penambahan kuota haji dari pihak Arab Saudi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait penambahan kuota haji dari pihak Arab Saudi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Hilman untuk menanggapi kabar yang menyebutkan Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu.

“Kemenag masih menunggu kepastian informasi terakhir secara resmi terkait adanya tambahan kuota haji dari pihak Arab Saudi," ujar Hilman melalui keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Hilman mengatakan bahwa operasional pemberangkatan jemaah haji sudah berlangsung lebih 20 hari.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sudah selesai.

Baca juga: Cerita Calon Jemaah Haji Batal Berangkat ke Tanah Suci, Hasil Tes Urine Tenri Hamil 15 Minggu

Sekarang sudah memasuki hari kelima pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

“Kemenag saat ini terus fokus memberikan layanan terbaik kepada mereka, para jemaah haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi dan juga yang masih dalam tahap pemberangkatan. Jadi, kita sekarang fokus pada pemberangkatan kuota haji yang ada sampai tuntas," kata Hilman.

Baca juga: Kemenag Imbau Jemaah Haji Gunakan Jasa Pendorong Kursi Roda yang Terdaftar di Saudi

Proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi akan berlangsung hingga 3 Juli 2022. Setelah itu, jemaah akan memasuki fase puncak haji, yaitu Wukuf di Arafah.

Dilarang Bawa Air Zam-zam

Air zamzam menjadi oleh-oleh yang dinantikan keluarga dan kerabat jemaah haji Indonesia.

Air zamzam, yang dikisahkan menjadi penyelamat Nabi Ismail setelah dilahirkan, memang diyakini punya khasiat untuk kesehatan.

Tapi, jemaah haji indonesia dingatkan agar tahun ini pulang tidak membawa air zamzam mengingat regulasi yang diterbitkan pihak otoritas penerbangan sipil Arab Saudi, yakni GACA (General Authority Civil Aviation).

Jemaah Haji mengambil air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (24/6/2022).
Jemaah Haji mengambil air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (24/6/2022). (Tribunnews.com/Aji Bramasta)

Kepala Seksi Pelayanan Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji di Jeddah, Eda Dasril mengatakan, tahun sebelumnya, pemerintah Saudi memang masih mengizinkan membawa maksimal 3 botol kecil.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas