Tribun

Ibadah Haji 2022

Jangan Salah Kaprah, Ini 4 Tempat Utama yang Harus Dikunjungi Jemaah Haji dan Umrah di Madinah

Sejumlah jemaah haji dan umrah dari Indonesia masih ada yang salah kaprah dalam menentukan tempat tujuan ketika berziarah ke Madinah.

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jangan Salah Kaprah, Ini 4 Tempat Utama yang Harus Dikunjungi Jemaah Haji dan Umrah di Madinah
Aji Bramastra/Tribunnews.com
Jemaah Haji Indonesia asal Bandung embarkasi Jakarta Bekasi tengah menunggu giliran untuk bisa masuk dan berdoa di Raudhah, Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, Minggu (26/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Sejumlah jemaah haji dan umrah dari Indonesia masih ada yang salah kaprah dalam menentukan tempat tujuan ketika berziarah ke Madinah.

Hal itu disampaikan langsung juru bicara Masjid Nabawi, Al Ustadz Jaman bin Abdullah al Asyiri, kepada perwakilan KJRI Jeddah, saat berkunjung ke Masjid Nabawi, Minggu (31/7/2022).

Menurut Jaman, harusnya yang wajib dan utama didatangi saat ziarah ke Madinah, ada empat tempat saja.

Empat tempat tujuan utama ziarah itu adalah, salat di Masjid Nabawi.

Kedua ziarah ke Makam Rasulullah, ketiga ziarah ke Makam Baqi (kompleks pemakaman sahabat nabi, Usman Bin Affan, serta istri dan keluarga Nabi Muhammad SAW), dan keempat berkunjung ke Masjid Kuba.

Jemaah haji sering salah, menghabiskan waktu justru ke tempat lain, tapi malah melupakan salah satu tujuan di Madinah itu.

Baca juga: Kepulangan Jemaah Haji Indonesia dari Madinah Kebanyakan Malam Hari, Ternyata ini Alasannya

Lainnya penting, tapi tidak utama.

Jangan sampai sibuk ziarah atau datang ke tempat selain yang empat tempat itu malah terlupakan.

"Lokasi lainnya tidak utama. Silakan saja datang. Tapi jangan melupakan salat di Masjid Nabawi dan tiga lokasi lainnya yang lebih utama," kata Jaman.

Pada kesempatan itu, Staf Teknis Urusan Haji (TUH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Dr H Nasrullah Jasam bersama rombongan berkunjung ke Maktab Riasyatul Aamma Lis Syu'un Masjid Nabawi.

Baca juga: Kasus Keracunan Massal di Sukabumi: Ada 142 Korban, Muntah setelah Makan Nasi Kotak Syukuran Haji

Nasrullah mengatakan, pihak jubir Masjid Nabawi sempat mengapresiasi jemaah haji Indonesia sebagai salah satu jemaah yang tertib saat beribadah.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas