Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyak Jemaah Lansia, Petugas Haji Wajib Terapkan 4 Hal Ini  

ada 4 pasti yang harus diterapkan dalam melayani jemaah Haji lanjut usia (lansia). 

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Banyak Jemaah Lansia, Petugas Haji Wajib Terapkan 4 Hal Ini  
Tribunnews.com network/Galih Lintartika
Jemaah haji Indonesia masuk raudhah, tempat untuk berdoa dan berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabat. Sektor Khusus (Seksus) Masjid Nabawi menyiagakan petugas di area pintu masuk kawasan ini. Petugas seksus bertugas untuk memastikan jemaah haji Indonesia khususnya lansia dan disabilitas mendapat kesempatan masuk ke dalam raudhah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Pusat Dodo Murtado menekankan bahwa ada 4 pasti yang harus diterapkan dalam melayani jemaah Haji lanjut usia (lansia). 

Hal itu karena pada musim Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi ini, jemaah lansia yang berangkat Haji mencapai angka lebih dari 66 ribu orang atau 30 persen dari kuota jemaah Haji Indonesia.




Ini yang mendorong Kementerian Agama (Kemenag) menekankan seluruh petugas Haji (kloter dan non kloter), Kepala Rombongan dan Kepala Regu untuk menerapkan 4 pasti.

Langkah pertama yang harus diterapkan pada jemaah lansia adalah pendampingan.

"Pertama, harus memastikan jemaah lansia mendapatkan pendampingan. Panitia sudah menyiapkan pendamping lansia, baik di kamar maupun di luar kamar dalam lingkungan hotel," kata Dodo di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (12/6/2023).

Lalu ya kedua adalah memastikan asupan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi para jemaah lansia selama berada di tanah suci.

BERITA TERKAIT

"Kedua, memastikan jemaah lansia mendapatkan asupan gizi masakan dan minuman yang cukup. Petugas memonitor dan membantu lansia agar dapat makan dan minum sesuai dengan waktunya (sarapan, makan siang, dan makan malam)," jelas Dodo.

Kemudian langkah ketiga adalah memastikan jemaah lansia meminum obat secara teratur sesuai dosis yang ditentukan.

Selanjutnya langkah keempat, petugas harus memastikan jemaah lansia memiliki waktu istirahat yang cukup.

Baca juga: Setumpuk Cerita Petugas Haji Layani Jemaah Lansia: Semua Saya Anggap Orang Tua

Ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab para petugas Haji saja, namun juga kesadaran jemaah lainnya yang berusia lebih muda untuk turut memperhatikan para lansia ini.

"Petugas harus menjaga kondusivitas lingkungan kamar, agar jemaah lansia dapat beristirahat. Selain petugas, keikutsertaan dan kepedulian jemaah lain khususnya jemaah yang lebih muda dan sehat sangat diharapkan dalam menjaga dan memperhatikan lansia," tegas Dodo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas