Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jemaah Haji Bisa Bawa Pulang Air Zam-zam Lebih Banyak, Tambahannya 5 Liter, Ini Cara Mengambilnya

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan untuk menambah air Zamzam yang dibagikan kepada para jemaah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Jemaah Haji Bisa Bawa Pulang Air Zam-zam Lebih Banyak, Tambahannya 5 Liter, Ini Cara Mengambilnya
tribun jatim/nurika anisa
Air zamzam yang akan dibagikan untuk Calon Jemaah Haji (CJH) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan untuk menambah air Zamzam yang dibagikan kepada para jemaah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Para jemaah ini masing-masing akan diberikan tambahan 5 liter air Zamzam, sesuai dengan kebijakan baru Menag.

Baca juga: Air Zamzam, Sajadah hingga Mainan Anak Terpaksa Ditinggal Jemaah Batam dan Jakarta di Bandara Jeddah

Kebijakan ini diumumkan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan jemaah kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Batam (BTH 01) yang hendak pulang ke tanah air dari Syisyah Makkah, Arab Saudi pada 3 Juli 2023.

Terkait skema pendistribusiannya, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan bahwa saat tiba di asrama haji debarkasi, para jemaah ini akan menerima 5 liter air Zamzam.

Lantas, bagaimana dengan 5 liter air zamzam tambahannya?

Baca juga: Menag: Jemaah Haji Tahun Ini Dapat 10 Liter Air Zamzam, Dibagi di Debarkasi

Saiful Mujab menjelaskan mekanisme pengambilan tambahan air zamzam.

BERITA TERKAIT

"Untuk 5 liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten/Kota pada kesempatan berikutnya," jelas Saiful Mujab di Makkah, Selasa (4/7/2023).

air zamzam
air zamzam (Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam)

Ia kemudian menjelaskan bahwa setelah kebijakan penambahan air Zamzam ini disepakati, maka pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan.

Rapat koordinasi (rakor) pun digelar secara daring untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jemaah Haji Indonesia.

Baca juga: Jaga Kesehatan Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci, Ini Sejumlah Upaya yang Dilakukan Petugas PPIH

"Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air Zamzam tambahan untuk jemaah Haji Indonesia secara bertahap," kata Saiful Mujab.

Selanjutnya, saat jemaah tiba di tanah air, air Zamzam tambahan pun akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk kemudian diteruskan ke Kantor kemenag Kabupaten/Kota.

Setelah itu, para jemaah ini bisa membawa pulang 5 liter air Zamzam tambahan dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.

Ia memastikan bahwa pihaknya akan mengupayakan agar proses distribusi ini bisa berlangsung lancar dan cepat sampai ke tangan para jemaah.

Seorang Zamzam Man, atau pembawa air zamzam di Hotel Diyar Al Nakheel Madinah, menuangkan air zamzam ke seorang jemaah haji asal Indonesia yang baru masuk ke hotel, Kamis (22/7/2022).
 
Seorang Zamzam Man, atau pembawa air zamzam di Hotel Diyar Al Nakheel Madinah, menuangkan air zamzam ke seorang jemaah haji asal Indonesia yang baru masuk ke hotel, Kamis (22/7/2022).   (Tribunnews.com/Aji Bramasta)

"Jemaah Haji nantinya bisa mengambil 5 liter tambahan air Zamzam itu di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. Kami usahakan agar jaraknya tidak terlalu lama dari kepulangan jemaah," pungkas Saiful Mujab.

Perlu diketahui, lebih dari 10 tahun terakhir, jemaah Haji Indonesia telah mendapatkan air Zamzam sebanyak 5 liter.

Air Zamzam itu telah dikemas dalam bentuk galon yang dimasukkan pada kardus dan dibagikan kepada para jemaah saat mereka tiba di asrama Haji debarkasi.

Kemudian air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, dalam hal ini Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Karena dua maskapai itu yang mengantar para jemaah Haji Indonesia pada fase pemberangkatan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas