Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pencarian Terhadap Idun dan Suharja Diperluas Sampai ke Jeddah

Tim pencarian dibagi menjadi dua tim dan akan disesuaikan dengan jadwal pencarian. Pencarian diperluas sampai ke Jeddah

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pencarian Terhadap Idun dan Suharja Diperluas Sampai ke Jeddah
Rachmat Hidayat
Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) Kolonel Harun Al Rasyid. Harun Al Rasyid memastikan pencarian Idun Rohim (84) jemaah haji asal Desa Sukadarna, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan serta Suharja (70) jemaah haji asal Desa Babakansari, Kabupaten Bantarujeg, Majalengka Jawa Barat dilakukan oleh dua tim dan diperluas sampai ke Jeddah serta kota Thaif. 

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Pencarian terhadap dua jemaah, masing masing Idun Rohim (84) jemaah haji asal Desa Sukadarna, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan serta Suharja (70) jemaah haji asal Desa Babakansari, Kabupaten Bantarujeg, Majalengka Jawa Barat masih terus dilakukan.

Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) Harun Al Rasyid memastikan pencarian dilakukan oleh dua tim dan diperluas sampai ke Jeddah serta kota Thaif.

Pencarian terus dilakukan, dan rumah sakit akan yang sudah didatangi selama ini akan kita datangi lagi," ujar Harun.

Baca juga: Data Terkini Jemaah Haji Meninggal 589 Orang, Tertinggi PascaTragedi Terowongan Mina 30 Tahun Lalu




"Tim pencarian dibagi menjadi dua tim dan akan disesuaikan dengan jadwal pencarian. Pencarian diperluas sampai ke Jeddah," ia memastikan.

Menurut keterangan Didin Saefudin (41), putra dari Suharja (41) menjelaskan pihak keluarga sudah mengetahui kabar tersebut sejak beberapahari lalu.

Kabar itu didapat dari sang ibu sekaligus istri dari Suharja bernama Aat (58) yang mendampinginya berangkat ibadah suci." Kata emak di ditu teh, ngawartosan bapak tos teu aya hilang (kata ibu di sana [Arab Saudi], ngasih tahu bapak udah hilang)," ujar Didin.

Sementara H Ikral, Tim Pembimbing Ibadah Haji Kloter 20 menjelaskan sedianya rombongan jemaah haji akan tiba di Tanah Air pada 29 Juli mendatang dan berharap, salah satu jemaahnya Idun Rohim bisa ditemukan.

Baca juga: Kementerian Agama Berharap Fenomena Jemaah Haji Hilang di Makkah Tak Terulang di Madinah

BERITA TERKAIT

"Pokoknya kita sama sama usaha. Kita ikhtiar, pasrah. Dan kami di hotel sudah beberapa kali yasinan kami berinisiatif sesama jemaah termasuk jemaah dari kloter lain," katanya saat ditemui, ikut dalam pencarian Idun di Arafah.

"Sehabis magrib. Kita doa bersama, zikir, yasinan minta petunjuk kepada Allah SWT mudah mudahan ada titik terang, pak Idun diketemukan bagaimanapun bentuknya," lanjutnya.

Mai Tiza Husna Ketua Kloter 20 yang juga sempat ikut melakukan pencarian Idun ke Arafah sampai ke Jabal Rahmah. Dikatakan, Idun usai meminta izin ke toilet usai pelaksanaan wukuf di Arafah, hingga kini belum kembali.

"Kita sama sama berharap pak Idun ditemukan. Terakhir kali meminta izin ke saya, ke toilet saat disini (Wukuf di Arafah) dan sampai sekarang belum kembali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas