Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nabawi Termasuk Tiga Masjid yang Diidamkan Umat Muslim untuk Didatangi, Berikut Keistimewaannya

Setiap umat Islam yang melakukan perjalanan haji atau umrah wajib untuk datang ke Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Makkah.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Nabawi Termasuk Tiga Masjid yang Diidamkan Umat Muslim untuk Didatangi, Berikut Keistimewaannya
Rachmat Hidayat/Tribunnews.com
Suasana di Masjid Nabawi Madinah 

TRUBUNNEWS.COM, MADINAH -- Setiap umat Islam yang melakukan perjalanan haji atau umrah wajib untuk datang ke Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Makkah.

Selain itu ada juga lainnya yang letaknya bukan di Arab Saudi yaitu Masjid Al Aqsa di Palestina yang biasanya didatangi untuk umrah.

Ketiga masjid tersebut sangat istimewa bagi masyarakat muslim di seluruh dunia.

Baca juga: Hingga 16 Juli 2023, Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Nyaris Sentuh Angka 650 Orang




Dikutip dari BPKH.go.id dijelaskan, Keistimewaan tiga masjid itu pun dirangkum dalam hadis Nabi: “Dari Abu Darda, Nabi bersabda: shalat di Masjid Al-Haram lebih utama sebanyak 100 ribu kali dibandingkan salat di masjid lainnya. Dan di masjidku (Masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali, sedangkan di Baitul Maqdis (Al-Aqsa), lebih utama 500 kali,”.

Masjidil Haram memang istimewa. Ganjaraan pahala 1000 kali lipat jika beribadah di Masjid Nabawi.

Saat tribun berkesempatan menyambangi masjid ini, hampir setiap hari ribuan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berbaur untuk melaksanakan salat fardu, maupun salat sunah.

Keistinewaan masjid ini juga menjadi tempat bagi para jemaah haji untuk melaksanakan ibadah sunah Arbain. Salat sunah berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu yang dilaksanakan secara berturut turut.

BERITA TERKAIT

Tujuannya, untuk mendapatkan fadhilah pembebasan dari api neraka, dari adzab, serta terbebas dari kemunafikan. Kini, dengan beberapa kali dilakukan perluasan, masjid terpenting bagi umat Islam memiliki luas sekira 40 hektar persegi yang bisa menampung hingga 2 juta jemaah.

Di halaman luar masjid, terhdapat 250 payung yang bisa dibuka dan ditutup setiap saat bagi para jemaah yang datang. Masjid Nawabi terlihat elegan, dihaisi dengan 27 kubah bergerak yang dipelihara secara berkala.

Direktur Pelayanan Jamaah Masjid Nabawi Ahmad Bin Ali Al Johan saat bertemh dengan Media Center Haji (MCH) menjelaskan ada 3000 karyawan yang mendapat tugas khusus sebagai petugas kebersihan.

"Tidak hanya di dalam masjid saja tapi juga toilet, bersihkan lampu-lampu, termasuk membersihkan masjid lama," ujarnya beberapa waktu lalu.

Masjid Nabawi memiliki 72 mobil pembersih yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam, bagian atas serta bagian luar masjid.

"Masjid Nabawi setiap hari, lima kali dibersihkan oleh 3.000 pegawai. Termasuk toilet,langsung dibersihkan termasuk karpet," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas