Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama Yaqut Bertemu Menteri Haji Arab Saudi, Bahas Persiapan Penyelenggaraan Haji 2025

Pertemuan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah membahas persiapan penyelenggaraan haji 2025.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menteri Agama Yaqut Bertemu Menteri Haji Arab Saudi, Bahas Persiapan Penyelenggaraan Haji 2025
AFP/FADEL SENNA
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (15/9/2024) membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M. Foto jamaah haji saat mereka tiba di kaki Gunung Arafat pada 15 Juni 2024. (Photo by Fadel SENNA/AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (15/9/2024).

Pertemuan keduanya membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M.




Pertemuan ini turut dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief dan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Selaku penerjemah, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Ali Bahar.

Baca juga: Kementerian Agama Tegaskan Tak Ada Jemaah Haji Reguler Nol Tahun yang Diberangkatkan

"Kedua menteri membahas tahapan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M," ujar Juru Bicara Kementerian Agama Sunanto melalui keterangan tertulis, Senin (16/9/2024).

"Dalam pertemuan ini juga dibahas upaya menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia dan melayani mereka dengan standar kualitas layanan terbaik," tambah Cak Nanto, sapaan Sunanto.

BERITA TERKAIT

Cak Nanto mengungkapkan Menteri Haji menyampaikan bahwa Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terus berbenah dan membangun fasilitas-fasilitas tambahan.

Menteri Haji, kata Cak Nanto, mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan Indonesia pada musim haji 2024.

"Kepada Gus Men, Menteri Tawfiq mengatakan bahwa semua ini dilakukan untuk semakin membuat nyaman para jemaah haji maupun umrah," ucapnya.

Terkait tahapan persiapan penyelenggaraan ibadah haji, kata Sunanto, hal itu sudah disampaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada acara Malam Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H dan Pemberian Kuota 1446 H di Makkah, 19 Juni 2024, atau 12 Zulhijjah 1445 H.

Baca juga: Belum Panggil Menag Yaqut, Pansus Haji DPR Klaim Temukan Abuse of Power

Saat itu, diumumkan juga kuota haji 1446 H/2025 M bagi negara-negara pengirim jemaah.

Indonesia kembali mendapat kuota sebanyak 221.000 jemaah haji.

Berikut Jadwal Musim Haji Tahun 1446 H:

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas