Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IIMS 2014 Juga Surga Bagi Pecinta Mobil Miniatur

Harganya dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari model, ukuran, dan kelangkaannya.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in IIMS 2014 Juga Surga Bagi Pecinta Mobil Miniatur
TRIBUNNEWS.COM/DANIEL NGANTUNG

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah gemerlapnya mobil-mobil terbaru yang di pamerkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo, 18-28 September, mobil-mobil mainan berusaha "mencuri" perhatian. Selain ajang untuk berburu mobil impian, IIMS ternyata menjadi surga tersendiri bagi para pecinta mobil miniatur atau die-cast.

Jumat (19/9/2014), hari pertama saat IIMS resmi dibuka untuk publik, Mercedes-Benz Boutique yang berada di dalam area pameran mobil Mercedes-Benz di Hall B dipadati pengunjung. Kondisinya tak kalah ramai dari area pameran mobil pabrikan Jerman itu sendiri.

Butik ini khusus menjual aksesori-aksesori di bawah label Mercedes-Benz, seperti tas, dompet, gantungan kunci, tak ketinggalan pula mobil die-cast. "Mobil" yang dipamerkan cukup beragam, mulai dari seri klasik seperti MB 300 SL, ada pula generasi 90an seperti SUV G500, hingga yang teranyar.

Harganya dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari model, ukuran, dan kelangkaannya. Di bagian yang memamerkan die-cast itu, sempat terlihat seorang pria paruh baya sibuk mengamati koleksi die-cast Mercedes-Benz. Saking penasaran akan detailnya, pria itu menggunakan senter kecil untuk memperjelasnya.

Ananta Wisesa, Section Manager External Communication PT Mercedes-Benz Distribution Daimler Company, mengatakan seluruh produk yang dipamerkan di butik itu didatangkan dari Jerman.

"Di luar pameran ini, kami hanya menjualnya di dealer resmi atau pembeli bisa memesan dengan menelepon customer service kami," ujar Ananta kepada Tribunnews.com.

BERITA TERKAIT

Pesaingnya di mobil kelas premium, BMW, turut memboyong koleksi mobil miniaturnya di IIMS 2014.

Bagi pecinta die-cast yang ingin berburu miniatur BMW, sepertinya harus berpasrah lantaran pilihan sangat terbatas. Ternyata, hampir sebagian dari koleksi mobil miniatur BMW sudah laku terjual.

"Sekitar 20 model mobil miniatur kami jual di sini. Sekarang tinggal setengahnya. Peminatnya cukup banyak mas," ujar Satriaji, salah seorang staf booth BMW, kepada Tribunnews.com, Senin (22/9/2014).

Mobil yang tersisa di antaranya 535i, BMW seri balap Martini Lotus, dan BMW 44. Sama seperti Mercedes Benz, harganya berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Koleksi mobil miniatur juga dapat ditemui di area pameran Mini Cooper, yang lokasinya tepat di seberang BMW. Ada dua model Mini miniatur yang dijual, Mini versi Cars dan Mini Cooper versi orisinal.

Mini versi film animasi Disney Cars yang satu paketnya terdiri dari tiga mobil itu dijual seharga Rp 436.000. Sementara Mini Cooper versi orisinal yang ukurannya sekecil hapusan karet dibanderol seharga Rp 323.400. Koleksi ini juga dijual di showroom dan butik Mini Cooper di Grand Indonesia.

Honda yang memamerkan mobil-mobilnya di Hall D JIExpo juga tak ketinggalan menampilkan koleksi mobil miniatur namun tidak dijual. Model yang ditampilkan antara lain Honda Fit Hybrid, Civic Mugen, CR-V 24G, dan 2013 Acura NSX Concept. Semuanya didominasi koleksi kolektor.

"Dari kemarin banyak yang tanya dijual apa engga," ujar seorang SPG yang menjaga meja tempat mobil-mobil miniatur itu dipamerkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas