Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tata Motors Paling Banyak Diekspos

PT Tata Motors Indonesia (TMI) menjadi perusahaan otomotif yang mendapat cakupan pemberitaan terbanyak dari media massa

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Tata Motors Paling Banyak Diekspos
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Mobil modifikasi Tata Stormee produksi Tata Motors dipajang dalam pameran 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 28 September 2014. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  DreyaCommunications-Path, divisi pemantauan media (media monitoring) dari Dreya Communications, merilis hasil tabulasi merek mobil atau agen pemegang merek (APM) yang paling banyak diliput oleh media massa nasional selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 digelar.

Hasil tabulasi menunjukkan, PT Tata Motors Indonesia (TMI) menjadi perusahaan otomotif yang mendapat cakupan pemberitaan terbanyak dari media massa, selama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 versi DreyaCommunications-Path.

Total pemberitaan mengenai produk-produk TMI mencapai 389 berita selama periode 18-30 September 2014 lebih banyak dari 34 Agen Pemegang Merek (APM) lain yang berpartisipasi.




“Meski IIMS ditutup pada 28 September, perhitungan tabulasi berita yang dilakukan DreyaCommunications-Path tetap berlangsung hingga 30 September tengah malam, karena liputan penutupan IIMS baru terbit di media massa pada 29 hingga 30 September 2014,” ujar Hendri Satrio, Partner Dreya Communications, di Jakarta, Kamis (2/10).

Posisi kedua pemberitaan terbanyak ditempati PT Toyota Astra Motor sebanyak 317 berita, disusul PT Honda Prospect Motor 225 berita, dan PT Astra Daihatsu Motor Indonesia sebanyak 203 berita. Sebagai informasi dari pihak panitia IIMS 2014, sebanyak 35 agen pemegang merek berpartisipasi, dengan total pengunjung mencapai 380.365 orang dan total transaksi Rp 5,45 triliun.

Berdasarkan media monitoring yang dilakukan DreyaCommunications-Path, media massa, baik cetak, online, dan TV, paling banyak meliput dan memberitakan mengenai mobil-mobil terbaru yang dikeluarkan oleh TMI, yakni Tata Ace EX2 dan Tata Nexon. Tata Ace EX2 adalah mobil mini diesel pertama di Indonesia dengan kapasitas mesin sebesar 700 cc, seharga Rp.69juta on the road  sedangkan Tata Nexon adalah mobil konsep yang dipamerkan TMI.

DreyaCommunications-Path melakukan tabulasi berita-berita mengenai Tata Motors dan merekapitulasi data dari beberapa sumber lain mengenai peserta APM lainnya yang berpartisipasi di ajang IIMS 2014 selama periode pemantauan pemberitaan, mulai tanggal 1-30 September 2014.

BERITA TERKAIT

“Metode pemantauan yang kami lakukan adalah pemberitaan dari media cetak, online dan televisi, baik media nasional dan lokal kemudian kami bandingkan pemberitaan dari brand lain dari berbagai sumber,” kata Hendri Satrio.

Selain raihan cakupan pemberitaan di atas, pemantauan yang dilakukan DreyaCommunications-Path juga menempatkan pemberitaan TMI mendapat cakupan terbanyak selama bulan September (1-30 September 2014). Total pemberitaan TMI di media massa, baik cetak, online, maupun televisi, termasuk berita foto, mencapai 530 berita. Posisi berikutnya ditempati oleh PT Toyota Astra Motor sebanyak 506 berita, disusul Mitsubishi dengan jumlah berita 385, dan PT Astra Daihatsu Motor Indonesia sebanyak 364 berita.

Menanggapi hal tersebut, Public Relations Head Tata Motors Indonesia Fajar Harianto mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan media yang telah membantu Tata Motors menyampaikan informasi kepada masyarakat.  

“Kepada seluruh media, baik nasional maupun daerah, Tata Motors menyampaikan apresiasi yang tinggi, sehingga kami berhasil meraih cakupan pemberitaan terbanyak. Prestasi ini akan semakin mempertegas komitmen kami di pasar otomotif Indonesia,” ujar Fajar Harianto dalam keterangan persnya tertulisnya kepada Tribun, Kamis (2/10/2014).

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas