Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Filipina Menghadapi Topan Utor

Filipina bersiap menghadapi kedatangan Topan Utor, yang diprediksi akan membawa hujan lebat dan banjir bandang, pada hari Minggu (11/8/2013) ini.

Penulis: Samuel Febrianto
zoom-in Filipina Menghadapi Topan Utor
Tribun Timur
Ilustrasi angin topan dan hujan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, MANILA - Filipina bersiap menghadapi kedatangan Topan Utor, yang diprediksi akan membawa hujan lebat dan banjir bandang, pada hari Minggu (11/8/2013) ini.

Angin topan itu, diprediksi melaju dengan kecepatan 185 kilometer per jam, dan sudah berada di 160 kilometer Timur Laut Pulau Catanduanes pada pukul 02.00 GMT.

"Angin itu merupakan topan terkuat yang mendarat di Filipina sejauh tahun ini," ujar Kepala Biro Cuaca Filipina Vicente Malano, seperti dikutip dari Asiaone.com.

Topan itu, diperkirakan akan mendarat di Utara-Timur Provinsi Aurora, Senin (12/8/2013). Selain itu, juga diprediksi mengakibatkan hujan lebat di sejumlah daerah, termasuk di ibukota Manila.

Dengan peningkatan kecepatan 19 kilometer per jam, topan Utor diperkirakan akan membuang 25 milimeter hujan dengan diameter 600 kilometer dari topan dalam satu jam.

"Warga di daerah dataran rendah dan pegunungan disiagakan terhadap kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor," katanya.

BERITA TERKAIT

Biro juga memperingatkan kepada para pelaut untuk tetap di pelabuhan, karena topan akan mendorong gelombang laut yang tinggi. (asiaone.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas