Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemilu Tahun 2014 Penyebab 'Penutupan' Pemerintahan AS?

Semakin dekatnya pemilu Kongres AS yang akan segera berlangsung pada tahun 2014, Partai Republik

Penulis: Widiyabuana Slay
zoom-in Pemilu Tahun 2014 Penyebab 'Penutupan' Pemerintahan AS?
BBC.CO.UK
Grafis sejumlah instansi yang akan mengalami penutupan karena tak ada pendanaan setelah tarik ulur Partai Republik dan Demokrat menemui jalan buntu, di Washington, Amerika Serikat (AS), Selasa (1/9/2013). 

TRIBUNNEWS.COM - Semakin dekatnya pemilu Kongres AS yang akan segera berlangsung pada tahun 2014, Partai Republik dan Demokrat berusaha membelokkan tanggung jawab atas penutupan sejumlah aktivitas pemerintahan AS.

Dilansir Reuters, Selasa (1/10/2013), Presiden Barack Obama menyalahkan Republik yang terlalu melihat ke arah kelompok konservatif, Tea Party, di Parlemen AS dan menyatakan penutupan ini bisa mengancam kelangsungan pemulihan ekonomi.

Pertaruhan politik terlalu tinggi untuk para kelompok Republik yang mencoba mengambil alih Senat tahun depan setelah berhasil menguasai Parlemen AS sebagai mayoritas. Sejumlah hasil jajak pendapat menunjukkan Partai Republik yang sepertinya disalahkan warga AS, karena hal serupa terjadi pada tahun 1996 dan Republik saat itu menjadi penyebab utama deadlock tersebut.

"Seseorang akan menang dan lainnya akan kalah," demikian kata penyelanggara jajak pendapat, Peter Brown dari Quinnipiac University . Menurutnya Obama dan Partai Demokrat kini berada di tepi jurang.

Meski mengalami masalah, posisi dollar AS tetap kuat, Selasa, setelah pengumuman penutupan oleh pemerintah AS.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas