Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

US Government Shutdown, Pekerja Federal Cuti Tanpa Gaji

Pemerintah AS akhirnya mulai melakukan penutupan sementara sejumlah instansi yang dianggap tidak terlalu penting

Penulis: Widiyabuana Slay
zoom-in US Government Shutdown, Pekerja Federal Cuti Tanpa Gaji
BBC.CO.UK
Capitol Hill 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah AS akhirnya mulai melakukan penutupan sementara sejumlah instansi yang dianggap tidak terlalu penting setelah tak ada kesepakatan mengenai pendanaan roda pemerintahan antara Parlemen AS dan Senat AS. Keputusan itu diambil Selasa (1/10/2013) dini hari sekitar pukul 12.04 waktu setempat.

Dilansir Reuters, akibat penutupan sementara yang terjadi pertamakalinya setelah 17 tahun ini memberikan dampak sedikitnya satu juta pekerja dipaksa cuti tanpa mendapatkan gaji, penutupan taman nasional, serta terhentiknya proyek penelitian kesehatan.

Sejumlah instansi pemerintahan federal diminta mengurangi sejumlah layanan tak penting setelah para pembuat undang-undang menemui kebuntuan politik dan menimbulkan pertanyaan baru terkait makin dalamnya perbedaan di dalam Kongres AS untuk menjalankan fungsi utama mereka.

Setelah Partai Republik di Kongres AS memberikan tawaran untuk menghindari terjadinya kebuntuan, pemimpin mayoritas Senat AS, Harry Reid, menolak ide untuk dengan mengatakan tak akan melakukan negosiasi formal dengan cara "menodongkan senjata ke kepala," terkait dengan kemungkinan pemerintah AS melakukan penutupan sementara sejumlah instansi.

Disfungsi politik di Capitol juga menimbulkan kekhawatiran baru mengenai apakah Kongres bisa memenuhi target tenggat waktu pada pertengahan Oktober untuk mengangkat utang pemerintah sebanyak 16,7 triliun dollar AS. Penutupan sejumlah instansi pemerintahan federal terjadi pada tahun 1995 dan 1996.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas