Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

11 Perusahaan Besar Jepang Ketahuan Bersekongkol

11 perusahaan besar di Jepang ketahuan terlibat persekongkolan tender.  

Editor: Yudie Thirzano
zoom-in 11 Perusahaan Besar Jepang Ketahuan Bersekongkol
Tribunnews.com/Richard Susilo
Poster Kereta api Hokuriku Shinkansen 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -Sebanyak 11 perusahaan besar di Jepang ketahuan oleh Komisi Perdagangan Adil Jepang (FTC) terlibat persekongkolan tender.  Akibatnya proyek Hokuriku Shinkansen sementara dihentikan sampai penyelidikan FTC selesai dilakukan.

Kasusnya sebenarnya terjadi tahun 2006. Badan Sarana Administrasi Badan Pertahanan Jepang mengadakan proyek penyediaan fasilitas seperti pendingin (AC) dan sebagainya, dilakukan tender kepada 12 perusahaan. Tetapi FTC belakangan mencium adanya kongkalikong antara 11 perusahaan saat tender tersebut yang jelas tidak dibenarkan hukum Jepang.

Kasus ini menjadi kriminal atau tindak pidana dan investigasi serius dilakukan FTC September tahun lalu, tulis koran Mainichi hari ini (5/2/2014).  FTC menduga kuat telah terjadi   pelanggaran undang-undang antitrust terhadap beberapa perusahaan konstruksi peralatan perusahaan itu.

Perusahaan-perusahaan yang terlibat persekongkolan tahun 2006 itu juga akan ikut tender di Hokuriku Shinkansen. Karena kasus 2006 itulah maka proyek tender dihentikan sementara, ditakutkan akan terulang lagi kasus yang sama.

Semula Hokuriku Shinkansen akan mengerjakan proyek kereta api antara Nagano-Kanazawa pada musim semi 2015, maka harus dilakukanlah tender. Tapi keburu ketahuan FTC para peserta tender yang dulu diduga kuat melakukan tindak pidana persekongkolan sehingga proyek harus ditangguhkan. 

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas