Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Malaysia Jangan Tertutup, Indonesia Punya Hak Atas Informasi Soal MAS MH370

Sikap tertutup Pemerintah Malaysia soal MAS MH370 hanya akan menambah misteri kasus ini.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Malaysia Jangan Tertutup, Indonesia Punya Hak Atas Informasi Soal MAS MH370
Flightradar24
Rute penerbangan Malaysia Airlines MH370 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Partai Gerindra, Irawan Ronodipuro, mengatakan pemerintah Malaysia harus terbuka dan transparan dalam memberikan informasi kepada publik terkait perkembangan kasus hilangnya pesawat MH370.

“Sikap pemerintah Malaysia yang tertutup tidak akan menguntungkan mereka. Sikap tertutup seperti ini hanya akan menambah misteri kasus ini. Bahkan bisa menimbulkan kecurigaan karena terkesan ada sesuatu yang ditutupi," ujar Irawan, Kamis (13/3/2014).

Menurutnya masyarakat dunia membutuhkan informasi yang akurat mengenai kasus tersebut. Begitu juga dengan masyarakat Indonesia, di mana ada tujuh WNI yang menjadi penumpang pesawat hilang tersebut.

"Indonesia punya hak untuk mengetahui nasib warganya. Oleh karena itu pihak otoritas Malaysia harus lebih terbuka," tuturnya.

Seperti diberitakan, hingga saat ini pesawat Malaysia Airlines yang hilang di perairan Vietnam sejak 8 Maret 2013 belum juga ditemukan.

Berbagai pihak melakukan upaya pencarian termasuk Indonesia. Sebanyak 42 kapal laut dan 39 pesawat udara dari berbagai negara dikerahkan untuk pencarian pesawat MH370.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas