Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dengan Metode Ini, Inmarsat Akhiri Pencarian MH370

Najib Razak mengatakan metode tersebut belum pernah dilakukan dalam penyelidikan kecelakaan pesawat terbang sebelumnya.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Dengan Metode Ini, Inmarsat Akhiri Pencarian MH370
BBC
Peta pencarian Malaysia Airlines MH370 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak telah mengeluarkan pernyataan bahwa pesawat Malaysian Airlines penerbangan MH370 berakhir di selatan Samudera Hindia. Konfirmasi Perdana Menteri Malaysia tersebut dilakukan setelah pencarian MH370 memasuki minggu ketiga.

Dalam pernyataannya, Najib Razak mengatakan metode yang digunakan dalam mencari lokasi terakhir MH370 belum pernah dilakukan dalam penyelidikan kecelakaan pesawat terbang sebelumnya. Seperti apa metode tersebut?

"Para penyelidik (Inmarsat) menggunakan metode yang mirip dengan Target Motion Analysis, metode yang sering digunakan oleh awak kapal selam dalam menentukan posisi dengan menghitung jarak ping," ujar Gerry Soejatman, konsultan independen sekaligus pengamat penerbangan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/3/2014) melalui pesan singkat.

Seperti diungkapkan oleh PM Malaysia, pihaknya diberi penjelasan oleh UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB) yang bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan komunikasi Inmarsat mencari keberadaan MH370.

Inmarsat memiliki sejumlah satelit yang berada di orbit bumi. Berbeda dengan satelit komunikasi pada umumnya yang lebih banyak digunakan untuk menjangkau area daratan, satelit Inmarsat digunakan untuk menyediakan jalur komunikasi pelayaran dan penerbangan, yang artinya juga memiliki cakupan di samudera.

"Walau ACARS telah dimatikan, namun antena satelit di pesawat terus mengirim sinyal, dan satelit selalu mengecek apakah antena tersebut mati atau tidak," jelas Gerry. "Jika tidak ada respon, maka sesi untuk antena tersebut akan dihentikan oleh satelit," imbuhnya.

"Ping time satelit tersebut dijadikan sebagai jarak pesawat relatif terhadap satelit, jarak tersebut memiliki footprint di bumi," demikian jelas Gerry.

BERITA TERKAIT

Saat itulah Inmarsat menyampaikan informasi tersebut kepada pihak Malaysia pada Rabu (12/3/2014). Namun, pihak Malaysia baru mengumumkan ke publik dalam konferensi pers yang disampaikan PM Najib Razak pada Sabtu (15/3/2014). Baru setelah itulah fokus pencarian MH370 dialihkan ke Selat Malaka dengan koridor utara dan selatan.

Dengan mempelajari ping dari pesawat tersebut, Inmarsat bisa mengetahui bahwa MH370 masih terbang selama kurang lebih lima jam setelah meninggalkan wilayah udara Malaysia, antara koridor utara atau selatan. MH370 dilaporkan terbang dalam ketinggian di atas 30.000 kaki.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas