Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konflik Negara Eropa dengan Rusia Untungkan Indonesia

Keuntungan dimaksud yakni Indonesia bisa menjadi salah satu pasar besar di Asia.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Hasanudin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konflik antara negara-negara di Eropa dengan Rusia, dinilai menguntungkan untuk Indonesia.

Keuntungan dimaksud yakni Indonesia bisa menjadi salah satu pasar besar di Asia.

Sebab dalam situasi seperti itu, negara-negara Eropa pasti mencari pasar di luar kawasannya.

Hal ini dijelaskan Duta Besar Indonesia untuk Negara Denmark dan Lithuania, Bomer Pasaribu.

Menurutnya, Indonesia harus sigap melihat dan bersiap mengambil kesempatan tersebut. Tidak mungkin bagi negara-negara di Eropa mencoba menyeimbangkan kondisi mereka dengan mencari pasar di Eropa.

"Mereka sedang mencari keseimbangan untuk itu, dimana? Di ASEAN, dan Indonesia menjadi pusatnya," kata Bomer di kantor Kemlu RI, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Komoditas Indonesia seperti CPO atau minyak kelapa sawit dan kopi, sedang laku keras di sana. Bahkan sampai organik juga dibutuhkan untuk bahan pembangkit listrik. Selain komoditas Blessing in disguise ini juga membuka kesempatan bagi Indonesia untuk bermitra.

BERITA REKOMENDASI

Bomer mengilustrasikan pihak negara-negara Eropa itu mencari pasar ke luar. Indonesia akan membeli, namun tak sekedar membeli. Ada penawaran untuk transfer teknologi negara-negara itu ke Indonesia. Posisi negara ini jelas memungkinkan untuk melakukan hal itu.

Radar contohnya. Negara-negara itu membuat radar yang canggih sebagai alat pendeteksi. Saat itu radar tersebut digunakan Singapura dalam sistem Flight Information Region (FIR). Semua negara yang melewati Singapura harus berinteraksi dengan alat itu, meskipun tujuannya ke negara lain.

Nantinya, alat radar tersebut akan dibeli untuk memperkuat alutsista Indonesia. Kemudian, Indonesia akan mendesak agar diperbolehkan memroduksi barang tersebut.

"Kita tidak hanya membeli, kita akan berinvestasi di sini. Ada banyak anak muda yang bisa melakukan transfer teknologi," kata Bomer.

Dia sendiri saat ini sedang menyusun skema guna mendorong kepentingan diplomasi ekonomi Indonesia ke Denmark. Sebab dalam waktu dekat, di sana akan ada peringatan 65 tahun hubungan diplomasi Denmark - Indonesia. Event itu yang akan disasar Bomer untuk memasukkan kepentingan-kepentingan nasional, sehingga menjadi perhatian pemerintah Denmark.

"Penting sekali ini membuat promosi dalam peringatan, isinya adalah mempromosikan program-program pemerintahan Presiden Jokowi," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas