Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brunei Darussalam Puji Tenaga Kerja Indonesia

Sultan Hassanal Bolkiah memuji tenaga kerja asal Indonesia (TKI), karena telah berjasa membangun perekonomian Brunei Darussalam.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
zoom-in Brunei Darussalam Puji Tenaga Kerja Indonesia
Dokumentasi Kemenlu RI
Sultan Hassanal Bolkiah menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Brunei Darussalam, Minggu (8/2/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sultan Hassanal Bolkiah memuji tenaga kerja asal Indonesia (TKI), karena telah berjasa membangun perekonomian Brunei Darussalam.

Demikian disampaikan Sultan Hassanal saat menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Brunei pada 7-8 Februari 2015. Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke Malaysia.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden Joko Widodo dan Sultan Hassanal Bolkiah sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang ketenagakerjaan.

Kerjasama tersebut ditindaklanjuti lewat pertemuan tingkat menteri untuk menyelesaikan pembahasan MoU ketenagakerjaan. Hal ini ditempuh Pemerintah Indonesia untuk melindungi seluruh WNI di luar negeri.

Kedua negara juga menyampaikan komitmennya guna mendukung kerja sama lingkungan hidup dan pelestarian hutan dalam kerangka kerjasama Heart of Borneo (HoB) Initiative.

Tak hanya itu, Jokowi juga berdialog mengenai diplomasi ekonomi sebagai kepentingan nasional Indonesia. Pemimpin kedua negara sepakat untuk mendorong kerja sama perdagangan yang berimbang dan investasi.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia mengundang investor Brunei untuk ikut serta dalam proyek infrastruktur di Indonesia, termasuk pembangunan pelabuhan, jalan tol dan rel kereta api.

Selain itu, ada pembicaraan soal kerja sama pertahanan kedua negara. Indonesia sudah menawarkan produk-produk industri strategis kepada Brunei Darussalam.

Presiden dan Sultan juga berbicara dalam konteks kawasan, yakni ASEAN. Jokowi meminta dukungan Brunei Darussalam terhadap usulan Indonesia mengenai perlunya instrumen hukum ASEAN untuk perlindungan buruh migran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas