Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gurun Pasir Ini Jadi Tempat Parkir dan Kuburan Pesawat-pesawat Jumbo

Tempat yang berada di Victorville, California ini seperti halnya kuburan bagi puluhan pesawat berukuran jumbo.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Gurun Pasir Ini Jadi Tempat Parkir dan Kuburan Pesawat-pesawat Jumbo
REUTERS/Lucy Nicholson
Tempat yang berada di Victorville, California ini seperti halnya kuburan bagi puluhan pesawat berukuran jumbo. Pesawat-pesawat semisal Boeing 747 dan DC-10 McDonnell Douglas terparkir rapi di kawasan yang menyerupai padang pasir ini 

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Tempat yang berada di Victorville, California ini seperti halnya kuburan bagi puluhan pesawat berukuran jumbo.

Pesawat-pesawat semisal Boeing 747 dan DC-10 McDonnell Douglas terparkir rapi di kawasan yang berada di sebelah selatan Gurun Mojave ini.

Maskapai penerbangan pemilik pesawat-pesawat ini, sengaja 'menyimpan' armada mereka lantaran jenis pesawat ini dianggap sudah tak lagi menguntungkan secara hitungan bisnis.

Terutama jika dikaitkan antara pemasukan dan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk merawatnya.

Akhirnya, pesawat-pesawat ini pun diparkir di tempat ini. Dilucuti dan dipreteli kemudian bagian-bagian yang masih bagus dijual.

Bagaimana pemandangan kuburan pesawat ini sebenarnya? Fotografer Reuters, Lucy Nicholson berhasil mengabadikan lewat bidikan lensanya.

Victorville, California tempat ini berada sekitar 80 mil Utara Los Angeles dan sebelah Selatan Gurun Mojave

BERITA REKOMENDASI

Sesuai dengan karakteristik Gurun Mojave, tempat ini memiliki iklim hangat dan kering sehingga menjadi tempat yang cocok untuk menyimpan pesawat dalam jangka waktu lama tanpa mengalami kerusakan berarti.

Pesawat-pesawat ini sebagian sudah dipensiunkan, atau sudah cukup mencapai target pemasukan

Saat pesawat-pesawat ini datang, pemilik tak meninggalkannya begitu saja. Melainkan dirawat sehingga suatu saat nanti bisa kembali diperbaiki atau dijual ke maskapai lain

Semisal melindungi bagian jendela maupun mengeluarkan oli dan bahan bakarnya seperti halnya ketika pesawat akan menjalani perawatan berat.

Tak terkecuali untuk bagian yang paling berharga, yakni mesin. Mesin-mesin pesawat ini pun dibongkar dan dilepas.

Atau seperti yang dialami pesawat bekas maskapai Orient Thai ini. Bagian kabinnya sudah dipreteli dijual ke pihak lain.

Setelah bagian-bagian berharganya sudah dilepas, semisal bagian elektronik, interior maupun bagian lainnya yang bisa digunakan kembali, maka pesawat ini akan dibongkar menyisakan bagian-bagian kecil besi bekas alias rongsokan.

Hingga Maret 2015, tercatat ada sejumlah maskapai penerbangan raksasa yang telah mengirimkan pesawat mereka ke tempat ini.

Semisal Boeing 747 milik British Airways, bekas pesawat kargo milik FeedEx Airbus A300 dan A310, pesawat milik maskapai penerbangan Evergreen International, ada pula pesawat milik maskapai penerbangan Air New Zealand, Air China, Lufthansa, serta pesawat Boeing 757-200s milik United Airlines

Sumber: businessinsider

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas