Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Juru Tulis Kamp Auschwitz Ceritakan Pembunuhan Warga Yahudi

Oskar Groening, penjaga kamp Nazi itu dikenai 300.000 tuduhan membantu pembunuhan, terkait tewasnya 300.000 orang Yahudi di Auschwitz, Austria.

Penulis: Y Gustaman
zoom-in Juru Tulis Kamp Auschwitz Ceritakan Pembunuhan Warga Yahudi
AP
Oskar Groening dikenai 300.000 tuduhan membantu pembunuhan, terkait tewasnya 300.000 orang Yahudi di Auschwitz. 

TRIBUNNEWS.COM, JERMAN - Gerbong-gerbong kereta api pengangkut ternak yang dipenuhi orang Yahudi tiba di kamp Nazi di Polandia yang diduduki Jerman. Harta benda mereka dirampas dan kebanyakan mereka mati dibunuh di kamar gas.

Deskripsi kekejaman Nazi saat mengangkut orang Yahudi ke kamp konsentrasi dituturkan Oskar Groening dalam hari kedua ia diadili pengadilan Jerman, Rabu (22/4/2015). Media Jerman menjuluki Groening "juru tulis Auschwitz."

Mantan penjaga kamp Nazi itu dikenai 300.000 tuduhan membantu pembunuhan, terkait tewasnya 300.000 orang Yahudi di Auschwitz, Austria. Mereka sekian dari 425.000 warga Yahudi yang dipindahkan dari kamp konsentrasi Hongaria.

Bekas pengawal Nazi berusia 93 tahun itu menghadapi ancaman hukuman tiga sampai 15 tahun penjara jika terbukti bersalah. Sidang pengadilan terhadap Groening dijadwalkan berakhir hingga Juli.

Selama bertugas dari tahun 1942 hingga 1944 adalah mengumpulkan dan menghitung uang dari tahanan Yahudi. Groening satu dari sekitar 30 bekas petugas kamp Auschwitz yang diajukan untuk diadili oleh pemerintah Jerman. (VOA Indonesia)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas