Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khalifah Baghdadi Tak Punya Deputi Khalifah

"Hanya ada satu pemimpin tapi tidak bekerja seperti al-Qaeda, seperti ketika Osama Bin Laden menunjuk Ayman al-Zawahiri sebagai pimpinan kedua,"

Penulis: Y Gustaman
zoom-in Khalifah Baghdadi Tak Punya Deputi Khalifah
AFP
ISIS Membantah bahwa Abu Bakr al-Baghdadi telah meninggal dunia atau terluka dalam serangan udara koalisi Arab Saudi, Maret 2015. 

TRIBUNNEWS.COM, IRAK - Bagaimana sebenarnya pemilihan pemimpin baru Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)? Elijah Magnier, kepala koresponden internasional Al-Rai Media mengatakan ISIS bukan organisasi horisontal tapi memiliki majelis syura, komite yang akan menunjuk pemimpin ISIS jika Khalifah Abu Bakr al-Baghdadi meninggal.

"Hanya ada satu pemimpin tapi tidak bekerja seperti al-Qaeda, seperti ketika Osama Bin Laden menunjuk Ayman al-Zawahiri sebagai pimpinan kedua," terang Magnier seperti dilansir Independent, Jumat (24/4/2015).

Baca juga: Baghdadi Terluka, Kepemimpinan ISIS Diambil Alih Pengajar Fisika.

"Coba perhatikan ketika Abu Musab al-Zarqawi (pendiri ISIS) sebagai pemimpin, tidak ada istilah pemimpin kedua. Majelis syura akan memilih pemimpin ISIS berikutnya," imbuh Magnier.

Benarkah Afri Deputi Baghdadi?

Hisham al Hashimi, penasihat pemerintah Irak, mengatakan Afri yang diyakini berada di Mosul, semakin naik daun ketika masuk elite ISIS. Afri digambarkan "lebih penting, lebih cerdas, dan memiliki hubungan yang lebih baik" daripada Baghdadi sendiri.

Magnier meyakini kemungkinan Baghdadi mengizinkan figur lain menjadi bayang-bayang dirinya. "Tidak ada yang lebih penting kecuali kekuasaan di bawah Baghdadi," katanya.

BERITA TERKAIT

"Afri adalah tokoh terkenal tapi dalam sejarah Islam seorang khalifah tak memiliki pengganti. Hal sama untuk Nabi Muhammad. Jika Baghdadi membangun Khalifah kuno dan berkuasa merujuk pakem yang ada, ia tak mungkin menunjuk pimpinan kedua," imbuh Magnier. (The Independent)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas