Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belanda: Otoritas Malaysia Penyebab Tertundanya Investigasi MH17

Pemerintah Malaysia dan pihak Malaysia Airlines selalu mencari cara untuk menghambat investigasi itu.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Belanda: Otoritas Malaysia Penyebab Tertundanya Investigasi MH17
News.co.au
Beberapa potongan bagian pesawat Malaysia Airline MH17 yang berhasil dikumpulkan dan direkonstruksi. (News.com.au/News Corp Australia/Ella Pellegrini) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Berdasarkan hasil analisis insiden penembakan Malaysia Airlines MH17, otoritas Malaysia dikatakan menjadi dalang kerap tertundanya investigasi kasus itu.

Dikutip dari News.com.au, empat laporan analisis rinci kasus tersebut, yang dihasilkan oleh tim investigasi Belanda, menunjukkan pemerintah Malaysia dan pihak Malaysia Airlines selalu mencari cara untuk menghambat investigasi itu.

Otoritas Malaysia memang sudah memutuskan untuk bekerjasama dalam beberapa hal terkait investigasi tahun ini, namun investigasi tersebut sebenarnya sudah mengalami penundaan.

Dikatakan pihak Malaysia sempat menghentikan penanganan mereka atas kasus tersebut dan malah berupaya untuk melakukan investigasi sendiri, demi membebaskan pihaknya dari kasus itu.

"Dari awal investigasi, sudah terbukti sangat sulit untuk melakukan wawancara dengan pihak pemerintahan Malaysia dan maskapai di Kuala Lumpur," demikian pernyataan yang ditulis oleh pihak investigator dalam laporannya.

"Hal yang sama terjadi ketika mengumpulkan dokumen investigasi yang telah diminta ke mereka."

BERITA TERKAIT

Dikatakan pula setelah informasi sempat mulai bisa dikumpulkan, kerjasama dengan Malaysia secara tiba-tiba dihentikan secara sepihak atas permintaan pihak maskapai.

"Karena satu hal itu, kurangnya informasi membuat Badan Keselamatan Belanda tidak bisa menyimpulkan sebuah aspek spesifik dari investigasi itu," tulis isi laporan itu.

Sebelumnya, sempat dinyatakan bahwa Rusia dan Ukraina yang selalu menghindar memberikan informasi soal data pindai radar pesawat itu, serta menolak pejabatnya diwawancarai. (News.com.au)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas