Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di India, Orang Tua Ceburkan Anaknya ke Kotoran Sapi Agar Membawa Keberuntungan

Di India, Orantua Menjeburkan Anak-anaknya ke Kotoran Sapi yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Di India, Orang Tua Ceburkan Anaknya ke Kotoran Sapi Agar Membawa Keberuntungan
Daily Offbeat
Dalam sebuah ritual yang telah dilakukan secara turun-temurun, para orangtua di India menjeburkan anak-anak mereka ke dalam kotoran sapi yang dipercaya bisa melindungi anak-anak mereka dari pelbagai jenis penyakit dan membawa keberuntungan. 

TRIBUNNEWS.COM, INDIA - Meskipun dipercaya memiliki banyak nutrisi untuk menyuburkan tanaman, kotoran sapi tetaplah sesuatu yang kotor dan dianggap berbahaya bagi manusia.

Terlebih jika tidak ditangani dengan benar. Tapi apa yang terjadi di India ini mungkin akan membalikkan semua praduga kita.

Dalam sebuah ritual yang telah dilakukan secara turun-temurun, para orangtua di desa Betul, Madhya Pradesh, menjeburkan anak-anak mereka ke dalam kotoran sapi.

Menurut Mirror, mereka percaya bahwa ritual ini akan melindungi anak-anak mereka dari pelbagai jenis penyakit dan membawa keberuntungan.

Biasanya, beberapa minggu sebelum ritual, warga lokal akan berbondong-bondong mengumpulkan kotoran sapi dan menumpuknya di satu tempat.

Pagi di hari H, mereka akan mengirim doa-doa khusus kepada dewa-dewa Hindu dan mulai menjeburkan anak-anak mereka di atasnya ketika senja tiba.

Tak hanya menjeburkan, mereka juga membasuh sekujur tubuh anak-anak mereka.

BERITA TERKAIT

Ritual ini biasanya dilakukan sehari setelah upacara Diwali, upacara terbesar masyarakat Hindu di India.

Tradisi yang biasanya diikuti oleh anak-anak yang berusia minimal satu tahun ini akan berakhir ketika fajar tiba atau hingga seluruh anak-anak di desa telah dijeburkan.

Selain memberikan perlindungan kesehatan, warga setempat juga percaya, “kemurnian” kotoran sapi akan membawa keberuntungan bagi anak-anak mereka.

Melihat bahwa ritual ini telah dilakukan selama ratusan tahun, warga setempat sepertinya sangat mempercayai khasiatnya.

Di India, di mana mayoritas masyarakatnya memeluk Hindu, sapi dianggap sebagai salah satu binatang paling suci. Mereka memuja dan menyembahnya dengan khidmat.

“Kotoran dan kencing sapi juga dianggap sebagai desinfektan pada masa India kuno dan digunakan untuk membersihkan rumah,” tulis sebuah artikel yang diterbitkan Quora. “Dengan demikian, sapi telah menyediakan makanan, bahan bakar, desinfektan, dan pupuk untuk orang-orang.”

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas