Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kunci Keberhasilan Sumo Jepang Bisa Juara Kembali Setelah 10 Tahun Kalah?

Ozeki Kotoshogiku Kazuhiro (32) menang dalam turnamen Grand Sumo

Kunci Keberhasilan Sumo Jepang Bisa Juara Kembali Setelah 10 Tahun Kalah?
Foto Nikkan Gendai
Kotoshogiku Kazuhiro (kelahiran Yanagawa Fukuoka, 30 Januari 1984) memegang piala kemenangan sumo bersama isterinya yang baru dinikahinya akhir tahun 2015. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sejak akhir minggu lalu sampai kini, masyarakat Jepang sedang tenggelam dalam kebahagiaan mereka setelah pesumo asli Jepang, Ozeki Kotoshogiku Kazuhiro (32) menang dalam turnamen Grand Sumo yang berakhir akhir minggu lalu.

Kemenangan pesumo Jepang itu, menjadi kemeriahan meriah karena 10 tahun terakhir pemenang turnamen Grand Sumo didominasi oleh pesumo asal Mongolia (non Jepang).

Kotoshogiku ketiga ke luar berjalan-jalan keliling ke masyarakat dari tempat turnamen, dielu-elukan "luar biasa" oleh masyarakat yang berderet di pinggir jalan sambil bertepuk tangan, berteriak dan banyak yang mengabadikan melalui ponselnya.

Lalu mengapa pesumo Jepang ini bisa berhasil menguasai turnamen, sehingga setelah 10 tahun barulah muncul sebagai juara turnamen Grand Sumo di Jepang.

Pertama, karena gerakan Kiku Bauwer yang dilakukan Kotoshogiku setiap kali sebelum bertanding.

Gerakan ini adalah gerakan melepaskan stres sehingga dirinya merasa bebas dan tambah semangat, merasa tambah kuat dan hebat, meningkatkan kepercayaan diri. Itulah yang disarankan oleh psikolognya.

Caranya, dengan menekan ke belakang badan sehingga kepala dan mata bisa melihat ke langit dan tangan di rentangkan ke atas seolah ingin memegang sesuatu, meraih sesuatu di atas.

Gerakan merentangkan badan ke belakang itu dilakukan satu dua menit dan pesumo akan merasa lega setelah itu.

Gaya Kiku Bauwer itulah yang selalu membuat penonton ramai bertepuk tangan dan memberikan semangat luar biasa, ada yang berteriak "semngat!" kepadanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas