Tribun

Presiden Baru Amerika

Surat Dino Patti Djalal untuk Trump: Presiden yang Suka Bully Membuat AS Dibenci Dunia

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Patti Djalal membacakan suratnya untuk presiden terpilih AS Donald Trump.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Surat Dino Patti Djalal untuk Trump: Presiden yang Suka Bully Membuat AS Dibenci Dunia
Tribunnews.com/Ruth Vania
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Patti Djalal membacakan surat terbuka untuk presiden terpilih AS Donald Trump, di Erasmus Huis, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017). (Tribunnews/Ruth Vania) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menjelang pelantikan presiden baru Amerika Serikat (AS), mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Patti Djalal membacakan suratnya untuk presiden terpilih AS Donald Trump.

Isi surat terbuka itu disampaikan pada akhir kuliah umum dari Foreign Policy Community of Indonesia (FCPI), di Erasmus Huis, Jakarta Pusat.

Dalam suratnya, mantan Duta Besar RI untuk AS itu meminta Donald Trump untuk menjaga citra baik AS di mata dunia melalui kepemimpinannya.

"Citra kepemimpinan AS di mata dunia AS tidak datang begitu saja, harus terus dipupuk dan dipelihara," kata Dino Patti Djalal, Kamis (19/1/2017).

Menurut Dino Patti Djalal, mayoritas dunia selama ini melihat AS dari apa yang dikatakan dan diperbuat oleh presidennya.

"Jika presidennya baik dan bijak, maka itu akan mengundang respek dari dunia," lanjut Dino Patti Djalal.

"Presiden yang suka mem-bully (mencemooh) hanya akan membuat AS dibenci oleh dunia," ucapnya lagi.

Dino Patti Djalal juga mengingatkan bahwa di samping "membuat AS hebat lagi", sesuai slogan kampanye Trump, Donald Trump harus memberikan win-win solution dalam membina hubungan dengan negara-negara lain.

Dalam kuliah umum tersebut, hadir sebagai pembicara Menteri Luar Negeri Norwegia Laila Bokhari, yang membahas topik 'Deradikalisasi, generasi muda, dan hubungan Islam dan Barat'.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas