Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Wali Kota Berlin untuk Donald Trump ''Bapak Presiden, Jangan Bangun Tembok Ini''

Wali Kota Berlin, sebuah kota yang terkenal dengan temboknya, mengirim pesan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pesan Wali Kota Berlin untuk Donald Trump ''Bapak Presiden, Jangan Bangun Tembok Ini''
TIME/AFP/Getty Images
Aktivis Greenpeace menampilkan pesan bertuliskan ''Presiden, membagi dinding. Membangun jembatan'' sepanjang tembok Berlin di Berlin pada 20 Januari 2017 bertepatan dengan pelantikan Presiden AS Donald Trump. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Wali Kota Berlin, sebuah kota yang terkenal dengan temboknya, mengirim pesan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pesannya memohon untuk tidak membangun dinding di perbatasan Meksiko.

"Berlin, kota yang berdiri untuk pemisahan Eropa serta kebebasan Eropa , tidak tinggal diam atas rencana negara lain untuk membangun dinding pemisah," ujar Wali Kota Berlin Michael Müller seperti dikutip dari TIME, Minggu (29/1/2017).

"Kita tidak bisa hanya menerima bahwa semua pengalaman bersejarah yang membuat kekacauan kita ulangi. Kita harus berterima kasih atas sebagian kemerdekaan kita: Amerika. Saya menyebut pada Presiden AS meminta agar tidak melakukan aksi salah ini, melakukan isolasi dan pengecualian," katanya.

Baca: Presiden Trump Siap Bangun Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Pernyataan Müller ini  terkait juga dengan pesan mantan Presiden A.S. Ronald Reagan, yang pada tahun 1987 terkenal ketika pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev memimpin. "Gorbachev: Runtuhkan tembok ini."

Tembok Berlin, yang membagi Jerman Timur dan Jerman Barat selama perang dingin, akhirnya diruntuhkan pada 9 November 1989.

"Untuk alasan itu saya mengatakan: Presiden yang terkasih jangan bangun dinding ini, " tegas Müller. (TIME)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas