Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Diklaim Keluarga, Jenazah Kim Jong Nam Diawetkan Malaysia

Lantaran tak kunjung diklaim keluarga, jenazah kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diawetkan otoritas Malaysia.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Belum Diklaim Keluarga, Jenazah Kim Jong Nam Diawetkan Malaysia
Istimewa
Kim Jong Nam. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Lantaran tak kunjung diklaim keluarga, jenazah kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diawetkan otoritas Malaysia.

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, Selasa (14/3/2017), mengatakan jenazah sang kakak tiri, Kim Jong Nam, telah dibalsam di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pembalsaman dilakukan untuk upaya pengawetan jenazah.

"Itu upaya untuk menjaga jenazahnya. Sebab jika terlalu lama disimpan di ruang jenazah, jasad bisa membusuk," kata Ahmad Zahid Hamidi.

Ahmad Zahid Hamidi juga mengatakan pembalsaman dilakukan secara rahasia pada akhir pekan lalu demi menghindari sorotan media.

Sejak jenazah Kim Jong Nam disemayamkan di kamar jenazah Kuala Lumpur Hospital (HKL), awak media memang kerap menunggu di sekitar kamar tersebut.

BERITA TERKAIT

Baca: Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia: 9 Warga Kita Berada Dalam Situasi Sangat Aman di Korea Utara

Sudah lebih dari sebulan sejak Kim Jong Nam tewas diracun di Terminal 2 Kuala Lumpur International Airport (KLIA), 13 Februari lalu.

Jenazahnya telah dikonfirmasi otoritas Malaysia sebagai Kim Jong Nam, kakak tiri Kim Jong Un, yang diracun perempuan asal Indonesia dan Vietnam.

Namun, hingga saat ini belum ada pihak keluarga Kim Jong Nam yang muncul untuk mengklaim jenazah tersebut, sekaligus membantu identifikasi dengan sampel DNA.

Sebelumnya, putra sulung Kim Jong Nam, Kim Han Sol, disebutkan sempat muncul dalam sebuah video yang beredar di YouTube.

Dalam video tersebut, sesosok pemuda yang mengaku dirinya adalah Kim Han Sol dan membuktikannya dengan menunjukkan paspornya, mengatakan bahwa ayahnya tewas diracun.

Pemuda itu juga menyebut dirinya sedang bersama saudari dan ibunya, tanpa menjelaskan detail keberadaan diri dan lainnya. (Star Online/Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas