Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pria Korut Jadi Tersangka Baru Kasus Kim Jong Nam yang Muncul di CCTV

Seorang pria Korea Utara menjadi tersangka baru kasus kematian kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Sanusi
zoom-in Pria Korut Jadi Tersangka Baru Kasus Kim Jong Nam yang Muncul di CCTV
HANDOUT/FUJI TV/AFP
Rekaman CCTV ini memperlihatan Kim Jong Nam melaporkan serangan kepada dirinya beberapa saat sebelum akhirnya meninggal dunia di bandara internasional Kuala Lumpur (KLIA). 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Seorang pria Korea Utara menjadi tersangka baru kasus kematian kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, usai sosoknya terlihat di rekaman CCTV yang tengah diselidiki otoritas Malaysia.

Minggu (19/3/2017), Malaysia mengungkap adanya tersangka ketujuh yang diduga terlibat dalam pembunuhan kakak tiri Kim Jong Un, Kim Jong Nam, pada 13 Februari lalu.

Kim Jong Nam tewas diracun di Terminal 2 Kuala Lumpur International Airport (KLIA) saat hendak terbang ke Macau.

Sejauh ini Polisi Diraja Malaysia mengidentifikasi ada enam tersangka yang diduga terlibat, namun belum lama ini ditemukan seorang tersangka baru.

Menurut seorang sumber, sang tersangka diketahui merupakan seorang pria Korea Utara bernama Chang Nam Un, yang sosoknya terlihat ada di lokasi kejadian saat peristiwa.

Saat kejadian, dikatakan Chang Nam Un tampak menunggu di dekat Kim Jong Nam untuk memastikan rencana pembunuhan sukses dilaksanakan oleh dua perempuan yang telah menyanggupi eksekusi tersebut.

Mereka adalah seorang perempuan WNI bernama Siti Aisyah dan perempuan asal Vietnam bernama Doan Thi Huong.

BERITA TERKAIT

Chang Nam Un terlihat bersama enam tersangka lainnya mengawasi Kim Jong Nam saat berjalan ke konter check-in hall keberangkatan KLIA.

Setelah racun diusapkan ke wajah Kim Jong Nam muncul seseorang yang mengangkat tangannya seakan memberi kode bahwa rencana telah dijalankan.

Chang Nam Un kemudian terlihat bergerak mengikuti para pelaku penyerangan, sebelum akhirnya tiba-tiba mengubah arah perginya.

Otoritas Malaysia dikatakan telah mendapat info soal pelarian Chang Nam Un ke Bangkok, Thailand, oleh tim intelijen Thailand.

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan kemungkinan memang masih ada sejumlah warga Korea Utara lainnya yang terlibat dalam kasus kematian Kim Jong Nam.

"Saya bahkan yakin di antara mereka itu ada tersangka yang berperan penting dalam kasus ini," ucap Khalid Abu Bakar. (New Straits Times/Bangkok Post)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas