Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bahaya! Aplikasi Ghost Jangan Pernah Pinjamkan Ponselmu ke Orang Lain

Aplikasi Ghost ini semula dibuat karena adanya kebutuhan pendeteksian di mana keberadaan ponsel kita yang hilang.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bahaya! Aplikasi Ghost Jangan Pernah Pinjamkan Ponselmu ke Orang Lain
Richard Susilo
Aplikasi Ghost mendeteksi (mencuri) semua sudut kehidupan kita dengan mudah 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ternyata ada satu aplikasi ponsel disebut Ghost, yang sangat berbahaya bagi kita. Apabila di instal, tidak terlihat di layar aplikasi tersebut, tetapi orang lain bisa memonitor segalanya mengenai kita dari jauh. Bahaya sekali, privasi kita hilang di tangan orang lain.

"Aplikasi Ghost ini semula dibuat karena adanya kebutuhan pendeteksian di mana keberadaan ponsel kita yang hilang. Kalau di instal aplikasi tersebut, meskipun hilang, kita bisa caritahu dengan mudah lewat komputer kita, di mana lokasi ponsel kita yang hilang itu," papar ahli komputer Yasukawa Masashi Rabu ini (19/7/2017).

Namun kini banyak sekali dampak negatifnya. Dengan terinstal aplikasi itu semua hal mengenai si pemegang ponsel bisa dideteksi diketahui dengan mudah.

Melalui aplikasi Ghost orang lain (sebut saja A) bisa tahu di mana keberadaan pasti si pemegang ponsel melalui GPS yang ada, sebut saja si Inem.

Selain tahu pasti lokasi si Inem, A lewat komputernya bisa melihat dan mendengar si Inem dengan menggunakan kamera dan mikropon ponsel si Inem sendiri tanpa sepengetahuan si Inem.

Jadi A bisa melihat apa yang ada di sekeliling si Inem, bisa mendengar apa yang diucapkan si Inem atau mendengar suara di sekeliling si Inem.

BERITA REKOMENDASI

"Dengan melihat gambar sekeliling Inem kita bisa taku lebih detil dia berada di mana, si Inem pakai baju apa, tas apa, warna apa, dan sebagainya."

Semua itu dilakukan si A tanpa sepengetahuan sama sekali, tanpa terasa sama sekali oleh si Inem, tambahnya.

Tentu saja selain bisa diketahui posisi, bisa pula mendengar suara dan melihat sekeliling karena pakai kamera ponsel si Inem, si A bisa merekamnya pula di komputernya.

Demikian pula layar ponsel si Inem bisa diketahui, bisa dibaca si A, artinya pesan apa pun yang dilakukan si Inem, yang dibaca si Inem, bisa pula dibaca dan diketahui si A.

Tak ada lagi rahasia kalau sudah demikian.

"Itulah sebabnya aplikasi ini sangat bahaya sekali."

Lalu bagaimana cara menghalanginya?

"Hanya dengan cara jangan pernah meminjamkan atau memberikan ponsel kita ke siapa pun dengan alasan apa pun. Misalnya pacar kita bilang akan di instal software anti virus yang canggih, kalau terpaksa diberikan, teruslah melihat layar ponselmu tanpa pernah meninggalkan sedetikpun."

Lalu apabila telah terinstal ke ponsel kita aplikasi Ghost tersebut apakah bisa dihilangkan?

"Bisa dihilangkan tetapi semua direset ulang artinya semua data di ponsel kita akan hilang semua."

Dengan demikian jangan sampai aplikasi Ghost terinstal di ponsel kita. Orang lain dapat melihat semua aktivitas, gambar dan suara kita. Kalaupun terinstal pun semua data akan hilang semua, karena harus di format ulang dari awal ponsel kita tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas