Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kehidupan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Masih Misteri, Siapa Dia Sebenarnya?

Media milik pemerintah Korea Utara tidak banyak mengumumkan tentang kehidupan pribadi keluarga sang pemimpin negara tersebut.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kehidupan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Masih Misteri, Siapa Dia Sebenarnya?
AFP/KCNA
Kim Jong-un dikatakan telah menjadi ayah untuk yang ketiga kali bersama istrinya (foto kebersamaan Kim Jong-un dan istrinya pada Maret 2017). 

TRIBUNNEWS.COM, KORUT - Korea Utara memang negara yang serba tertutup dalam berbagai hal, begitu pun dengan kehidupan keluarga Kim Jong-un, pemimpin negara itu, yang diselimuti misteri.

Namun berbagai laporan dari lembaga mata-mata Korea Selatan, menyebutkan bahwa istrinya, Ri Sol-ju, melahirkan anak ketiga pada bulan Februari tahun ini.

Spekulasi tentang kehamilannya mulai beredar pada 2016 saat dirinya tidak pernah lagi terlihat di depan umum.

Ri Sol-ju diyakini telah melahirkan anak-anaknya yang lain pada 2010 dan 2013, namun belum diketahui apakah Kim Jong-un mempunyai putra pewaris untuk menggantikannya, karena jenis kelamin anak pertama dan ketiga dari pasangan tersebut masih belum jelas.

Kami hanya mengetahui anak keduanya, seorang gadis cilik bernama Ju-ae, karena bintang basket AS Dennis Rodman, teman dekat Jong-un secara tak sengaja mengatakannya dalam sebuah wawancara dengan media Guardian pada 2013.

Kim Jong-un dilaporkan kuliah di Eropa dengan menggunakan nama lain.
Kim Jong-un dilaporkan kuliah di Eropa dengan menggunakan nama lain. (AFP/Getty Image)

Dia mengatakan "bersantai di pantai" bersama keluarga Kim saat berkunjung ke negara tersebut dan menggambarkan Jong-un sebagai seorang "ayah yang baik" yang "memiliki keluarga bahagia".

Mengapa ada begitu banyak misteri?

BERITA TERKAIT

Media milik pemerintah Korea Utara tidak banyak mengumumkan tentang kehidupan pribadi keluarga sang pemimpin negara tersebut.

Tak banyak yang tahu tentang bagaimana Kim Jong-un dididik dalam keluarganya dan dia hanya tampil untuk pertama kalinya di depan umum pada September 2010, beberapa saat sebelum kematian ayahnya.

Kim Jong-il kecil berfoto bersama Kim Il-sung dan ibunya Kim Jong-suk.
Kim Jong-il kecil berfoto bersama Kim Il-sung dan ibunya Kim Jong-suk. (BBC)

Kami bahkan sama sekali tidak tahu kapan dia lahir, tapi diperkirakan dirinya lahir pada tahun 1983 atau 1984.

Kakeknya, Kim Il-sung (yang mendirikan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara) seringkali terlihat tampil bersama istrinya di depan umum dan dalam berbagai foto bersama anak-anak mereka.

Tapi ayah serta pendahulunya, Kim Jong-il jauh lebih sulit dipahami. Dia diperkirakan memiliki setidaknya empat pasangan yang berbeda - Song Hae-rim, Kim Young-sook, Ko Young-hui dan Kim Ok - tapi sebagian besar jalinan hubungannya jauh dari sorotan publik.

Namun, dia memiliki tiga anak laki-laki dan satu perempuan.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas