Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologi Serangan di Masjid Sinai, Bom Meledak Usai Salat Jumat

Awalnya, terjadi ledakan bom setelah jemaah masjid selesai menunaikan salat Jumat.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kronologi Serangan di Masjid Sinai, Bom Meledak Usai Salat Jumat
NBC News/EPA
Korban bom di Mesir 

TRIBUNNEWS.COM, KAIRO - Insiden serangan di sebuah masjid di Mesir berawal dari ledakan bom yang terjadi seusai salat Jumat dilakukan.

Sekelompok militan bersenjata melakukan aksi penembakan dan pemboman di Masjid Al-Rawdah, Kota El-Arish, Sinai Utara, Mesir, Jumat (24/11/2017).

Awalnya, terjadi ledakan bom setelah jemaah masjid selesai menunaikan salat Jumat.

Ledakan itu kemudian disusul aksi penembakan yang dilakukan oleh sekitar 40 pria bersenjata, yang mengambil posisi di luar masjid dan mengendarai empat mobil jip.

Puluhan militan bersenjata itu menembakkan timah panas ke berbagai arah, menargetkan jemaah yang berusaha menyelamatkan diri dari masjid itu.

Menurut saksi mata, puluhan pria bersenjata itu terbagi dalam sejumlah kelompok yang gencar melancarkan aksi penembakan.

"Ada empat kelompok pria bersenjata menyerang jemaah yang ada di dalam masjid selepas salat Jumat. Dua kelompok lain menembaki ambulans untuk menghalangi lajunya," kata seorang saksi mata, Mohamed.

BERITA REKOMENDASI

Saksi mata lain mengatakan, diduga para militan bersenjata itu menargetkan pasukan keamanan yang menunaikan salat di masjid tersebut.

Sejauh ini, sudah ada 235 orang yang tewas akibat insiden itu, sedangkan 109 orang lainnya mengalami cedera.

Beberapa jam setelah serangan tersebut, jet-jet tempur Mesir mengudara dan melakukan serangan udara di daerah pegunungan sekitar Bir Al-Abed, kota di mana serangan masjid itu terjadi.

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi menyebut insiden serangan tersebut sebagai "serangan teroris" dan berjanji akan "membalas dendam" atas itu.

"Kami akan merespons serangan teroris ini dengan semangat yang tinggi. Apa yang terjadi di Sinai Utara itu merupakan refleksi sungguhan dari upaya kami dalam melawan terorisme," ucap El-Sisi.

"Angkatan bersenjata dan kepolisian Mesir akan membalaskan dendam para martir dan mengembalikan stabilitas keamanan negara sebisa mungkin," lanjutnya.

Dari banyak dokumentasi yang tersebar di media sosial dan ditayangkan oleh televisi lokal, tampak puluhan jenazah bersimbah darah terbaring di lantai masjid.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas