Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Idul Fitri, Utusan UNHCR PBB Angelina Jolie Kunjungi Mosul Irak

Aktris Holywood ini datang ke daerah perkotaan yang baru saja dibebaskan, setelah dikuasai ISIS

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Idul Fitri, Utusan UNHCR PBB Angelina Jolie Kunjungi Mosul Irak
UNHCR/Andrew McConnell
Utusan Khusus badan PBB untuk pengungsi (UNHCR) Angelina Jolie dalam suasana Hari Raya Idul Fitri mengunjungi warga sipil di Mosul Barat, Irak. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSUL -- Utusan Khusus badan PBB untuk pengungsi (UNHCR) Angelina Jolie dalam suasana Hari Raya Idul Fitri mengunjungi Mosul Barat, Irak, pada Minggu (17/6/2018).

Aktris Holywood ini datang ke daerah perkotaan yang baru saja dibebaskan, setelah dikuasai ISIS selama tiga tahun.

Kunjungan Jolie ini menjadi kunjungan kelima kali ke Irak, sejak ia bekerja untuk UNHCR sejak 2001.

Jolie mengunjungi dan menyusuri bangunan-bangunan yang dibom di kota Mosul dan bertemu dengan warga sipil.

Istri Brad Pitt ini mendesak dunia segera berbuat sesuatu setelah ia melihat sendiri kehancuran dan penderitaan warga sipil akibat perang.

Utusan Khusus badan PBB untuk pengungsi (UNHCR) Angelina Jolie dalam suasana Hari Raya Idul Fitri mengunjungi warga sipil di Mosul Barat, Irak.
Utusan Khusus badan PBB untuk pengungsi (UNHCR) Angelina Jolie dalam suasana Hari Raya Idul Fitri mengunjungi warga sipil di Mosul Barat, Irak. (UNHCR/Andrew McConnell)

“Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun dengan UNHCR,” kata Jolie, berbicara di depan reruntuhan Masjid al-Nuri di Kota Tua, seperti yang dikutip dari lama resmi UNHCR, Senin (18/6/2018).

"Orang-orang ini telah kehilangan segalanya, trauma dan kehilangan yang mereka derita tak tertandingi," sambung dia.

BERITA TERKAIT

Dia mengatakan, dia terkagum-kagum dengan kekuatan warga yang mampu bertahan dan membangun kembali atas banyak kehilangan.

"Saya tidak memiliki kata-kata untuk kekuatan yang harus diambil untuk membangun kembali setelah kehilangan seperti ini," katanya.

“Tapi itulah yang dilakukan orang-orang di kota ini. Mereka dilanda duka dan trauma, tetapi mereka juga berharap. Mereka membersihkan rumah mereka dengan tangan mereka sendiri, dan menjadi sukarelawan dan saling membantu. Tetapi mereka membutuhkan bantuan kami," lanjutnya.

Sebelumnya, Jolie mengunjungi Kamp pengungsi di Domiz di wilayah semi-otonomi Kurdistan Irak, yang menampung 33.000 pengungsi Suriah yang terlantar akibat perang sipil selama tujuh tahun.

Dia bertemu keluarga termasuk dua ibu yang kini merawat anak-anak kecil setelah suami mereka meninggal karena kondisi yang bisa diobati dalam kondisi normal.

Kunjungan ke Irak kali ini juga menandai misi ke-61 Jolie sejak bergabung ke UNHCR.

Jolie juga sering mengunjungi warga sipil di wilayah lain seperti Kamboja maupun Kenya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas