Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

Pemilu 2019, WNI di Argentina Rela Datang dari Luar Provinsi dan Menginap di KBRI

Bahkan, ujar Ketua PPLN Buenos Aires, Ika Supriatma, beberapa WNI datang sehari sebelum hari H pencoblosan di Wisma Duta KBRI Buenos Aires

Pemilu 2019, WNI di Argentina Rela Datang dari Luar Provinsi dan Menginap di KBRI
KBRI Buenos Aires
Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Buenos Aires, Argentina, Minggu (14/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, BUENOS AIRES - Warga Negara Indonesia di Argentina rela antre dan datang dari luar provinsi untuk berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019, pada Minggu (14/4/2019).

Bahkan, ujar Ketua PPLN Buenos Aires, Ika Supriatma, beberapa WNI datang sehari sebelum hari H pencoblosan di Wisma Duta KBRI Buenos Aires.

Baca: Acha Septriasa Ungkap Kejadian saat Ratusan WNI di Sydney Gagal Nyoblos Pemilu 2019

Ia melanjutkan, para WNI yang hadir disuguhi makanan khas dan souvenir untuk memeriahkan suasana pemilihan umum di TPS.

“Beberapa WNI dari luar provinsi bahkan sudah sampai sehari sebelumnya dan menginap di KBRI Buenos Aires untuk memilih pagi hari di Wisma Duta. Kita ada beragam masakan Indonesia untuk menarik para pemilih untuk datang," ujar Ika dalam keterangan pers yang diterima, Senin (15/4/2019).

Para WNI antusias menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Umum serentak ini sambil berkumpul untuk menikmati hidangan khas Indonesia yang tersaji.

“Kita ingin menggunakan hak pilih kita karena kita ingin melihat Indonesia yang lebih baik dengan memilih pemimpin yang bijaksana dan amanah, sukses selalu Indonesia, Merdeka!” ungkap Bruder Eduardo WNI yang bekerja sebagai misionaris di Buenos Aires.

Dubes RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie, merupakan pemilih pertama yang mengikuti pemilu 2019 di TPS Buenos Aires.

Selain pemilihan secara langsung di TPS, PPLN Buenos Aires juga telah melaksanakan pemilihan umum LN dengan metode Kotak Suara Keliling (KSK) di tiga negara.

Hal ini dilakukan karena KBRI Buenos Aires turut merangkap Uruguay dan Paraguay serta untuk mengakomodasi WNI yang bekerja jauh dari Buenos Aires dan kesulitan untuk datang pada hari pencoblosan ke TPS.

Metode KSK dilaksanakan di 4 kota yaitu Asuncion, Ibu Kota Paraguay (18 orang pemilih) dan Montevideo, Ibu Kota Uruguay (5 orang pemilih) pada tanggal 9 April 2019.

Kemudian, di Mar del Plata (3 orang pemilih) dan Puerto Deseado (15 orang pemilih), keduanya merupakan Provinsi di Argentina, pada tanggal 12 April 2019.

Selain Kotak Suara Keliling, PPLN Buenos Aires juga menerima pengiriman suara melalui pos.

Baca: Pemilu Indonesia di Washington DC Dimeriahkan Bazaar dan Panggung Gembira

PPLN Buenos Aires telah menerima 70 DPT dari pos hingga saat ini.

Sementara, untuk TPS di Wisma Duta KBRI Buenos Aires tercatat sekitar 75 orang pemilih.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pemilu 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas