Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Perang dagang Cina-AS: Berapa besar kontribusi mahasiswa China di universitas Amerika?

Di tengah perang dagang dan himbauan agar warga China tidak melakukan kunjungan ke AS, mahasiswa China ternyata mencapai jumlah yang signifikan

Amerika Serikat merupakan negara tujuan nomor satu bagi mahasiswa China yang ingin belajar ke luar negeri.

Jumlah mahasiswa China mencapai sepertiga dari keseluruhan mahasiswa asing dan mereka membayar besar untuk belajar di perguruan tinggi paling terkenal di Amerika.

Meski demikian, ada tekanan yang terus meningkat di Amerika Serikat untuk membatasi mahasiswa asing terutama dari China, di tengah ketegangan antara kedua negara dalam berbagai isu - terutama dalam perdagangan.

China sendiri sempat menyatakan bahwa mahasiswa yang bepergian ke Amerika Serikat mungkin menghadapi risiko tinggi.

Ketegangan meningkat

Pemerintah Amerika Serikat menargetkan kelompok khusus mahasiswa atau akademisi yang mereka anggap berpotensi mendatangkan risiko bagi keamanan dalam negeri mereka, terutama berkaitan dengan pencurian kekayaan intelektual.

Tahun lalu, Kementerian Luar Negeri Amerika memperpendek visa bagi mahasiswa China untuk beberapa bidang studi tertentu, karena kekhawatiran adanya kegiatan mata-mata dan pencurian kekayaan intelektual.

Anggota Kongres asal Partai Republik juga ingin meloloskan legislasi yang melarang pemberian visa Amerika kepada siapapun yang disponsori atau dipekerjakan oleh militer China.

Dari sisi China, minggu lalu mereka mengeluarkan peringatan kepada mahasiswa dan akademisi, meminta mereka untuk "meningkatkan tinjauan risiko" seiring dengan semakin banyaknya penundaan dan penolakan visa belajar di Amerika.

Para analis beranggapan China ingin mengurangi mahasiswa mereka belajar di Amerika untuk meningkatkan tekanan kepada Amerika, sebagai bagian dari perang dagang kedua negara yang sedang meningkat.

Tsinghua University di Beijing
Getty Images
Universitas Tsinghua di Beijing. China sendiri mempromosikan lembaga pendidikan di dalam negeri.

Penolakan visa bagi mahasiswa China yang berniat belajar ke Amerika dengan beasiswa pemerintah China mencapai 13,5% pada kuartal pertama tahun 2019, menurut statistik resmi China. Di periode yang sama pada tahun 2018, jumlah itu 3,2%.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas