Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Serangan 11 September: AS akan ungkapkan nama pejabat Arab Saudi yang terlibat

Kementerian Kehakiman Amerika Serikat menyatakan akan mengungkapkan nama orang yang memegang peran kunci dalam serangan 11 September kepada

Kementerian Kehakiman AS mengatakan mereka akan mengungkapkan nama orang yang memegang peran kunci dalam serangan 11 September.

Informasi ini akan diberikan kepada pengacara yang mewakili keluarga korban yang menuntut pemerintah Arab Saudi dengan tuduhan terlibat di dalam serangan yang memakan korban 3.000 orang ini.

Tidak jelas apakah identitas orang ini akan diumumkan kepada publik.

Dari 19 orang anggota Al-Qaida yang melakukan serangan 11 September, 15 di antaranya adalah warga negara Saudi.

Pada tahun 2004, Komisi 9/11 yang dibentuk Kongres AS tak menemukan bukti bahwa pemerintah Arab Saudi mendanai Al-Qaida.

Namun sebuah laporan Biro Penyelidik Federas AS (FBI) tahun 2012 menyatakan mereka menyelidiki dua warga Saudi, Fahad al-Thumairy dan Omar Ahmed al-Bayoumi, yang diduga membantu pelaku penyerangan 9/11.

Menurut surat kabar Washington Post, Fahad al-Thumairy adalah mantan pejabat konsulat Arab Saudi sementara Omar al-Bayoumi pernah diselidiki atas dugaan sebagai mata-mata Arab Saudi.

Laporan FBI, yang baru saja diumumkan dengan bagian-bagian yang dihilangkan, juga menyebut adanya orang ketiga. Namun nama orang ini dihitamkan.

Keluarga korban yang menuntut pemerintah Saudi menginginkan agar identitas orang itu dibuka.

Pada tanggal 11 September 2001, beberapa orang membahak pesawat yang kemudian mereka tabrakkan ke gedung World Trade Center di New York dan markas Pentagon di Washington DC. Satu pesawat lagi yang juga dibajak berhasil didaratkan di sebuah lapangan di Pennsylvania.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas