Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Disabilitas Internasional Diperingati pada 3 Desember, Apa Saja Agenda di 2030?

tema 2019:"Promoting the participation of persons with disabilities and their leadership: taking action on the 2030 Development Agenda".

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Hari Disabilitas Internasional Diperingati pada 3 Desember, Apa Saja Agenda di 2030?
freepik.com
Hari Disabilitas Internasional 

TRIBUNNEWS.COM - Hari Disabilitas Internasional atau Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati pada hari ini Selasa, (3/12/2019) 

Peringatan Hari Disabilitas Internasional dinaungi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan memberikan dukungan dan meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.




Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019 ini bertema, "Promoting the participation of persons with disabilities and their leadership: taking action on the 2030 Development Agenda". (Mempromosikan partisipasi para penyandang cacat dan kepemimpinan mereka: mengambil tindakan pada Agenda Pembangunan 2030.)

Dikutip dari kemsos.go.id, komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dalam lahirnya UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Berbagai ucapan Hari Disabilitas Internasional pun ramai di media sosial Twitter.

Akun Kementerian Ketenagakerjaan, @KemnakerRI mengunggah foto beserta ucapan.

BERITA TERKAIT

"Halo Rekanaker.. Tema Hari Disabilitas Internasional tahun ini adalah "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul", Tema ini mengajak kita semua untuk meneguhkan komitmen bersama dalam memenuhi hak-hak penyandang disabilitas."  tulis akun @KemnakerRI.

Akun Twitter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan @Kemendikbud_RI juga mengunggah foto serta menuliskan ucapan Hari Disabilitas Internasional.

"Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember sebagai peneguh akan komitmen berbagai pihak dalam memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. Tema tahun ini adalah "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul." tulis akun @Kemendikbud_RI.

Akun Kementerian Kesehatan RI @KemenkesRI juga ikut meramaikan media sosial Twitter dengan cuitan untuk ucapan Hari Disabilitas Internasional, "Selamat Hari Disabilitas Internasional. Bersama kita wujudkan Indonesia Inklusi dengan menghapuskan perbedaan untuk mencapai disabilitas unggul dalam kerangka Indonesia maju."

Dikutip dari internationalcommunicationprojectcom, tema "Promoting the participation of persons with disabilities and their leadership: taking action on the 2030 Development Agenda", berarti bahwa kita semua harus melihat ke masa depan dan dapat menghadapi segala hambatan yang ada.

Masa depan dimana tidak ada perlakuan beda terhadap mereka yang menyandang gangguan disabilitas. 

Agenda 2030 berjanji untuk “leave no one behind”.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas